Sumber : www.news.psu.edu

Apakah kamu sering atau pernah mengalami kejadian dimana mood kamu mendadak berubah tanpa ada alasan yang signifikan? kalau ya, berarti kamu mengalami apa yang dinamakan mood swing. Orang yang mengalami hal ini biasanya dinamakan orang yang moody. Dilansir dari journal.sociolla.com, ternyata, ada banyak hal yang dapat menyebabkan mood swing ini, berikut diantaranya.

5PMS (Premenstrual Syndrome)

Sumber : www.indiatimes.com

Tidak diungkiri bahwa hal ini merupakan salah satu penentu mood seorang wanita oke atau nggak. Biasanya saat mengalami PMS, perempuan akan lebih sensitif dan bawaannya pengen “marah-marah” melulu. Hal ini ternyata disebabkan perubahan hormon yang mempengaruhi produksi hormon endophrin, serotonin, dan hormon lainnya yang berpengaruh terhadap mood.

4Jam Tidur Tidak Memadai

Sumber : www.organiclifestylemagazine.com

Jam tidur yang tidak cukup juga akan mempengaruhi mood seseorang. Saat otak kekurangan waktu istirahat karena terlalu sering bergadang, maka kemampuan otak dalam menerima rangsangan serta informasi akan menurun. Saat kurang tidur dan ada hal yang tidak mengenakan hati yang terjadi, maka efeknya terhadap mood akan lebih besar.

3Stress

Sumber : www.123rf.com

Sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang dapat mangekibatkan kamu stress. Kalau pekerjaan sedang menumpuk, cobalah untuk menikmatinya dengan mendengarkan lagu kesayangan atau meminum segelas kopi kesukaan kamu. Saat stress, mood akan langsung jelek dan dapat mengganggu keceriaan dan kebahagiaan hari ini.

2Kadar Gula Tinggi

Sumber : www.drfoodle.com

Perhatikan asupan gula agar tidak terlalu banyak karena jika kadar gula berlebih, akan mempengaruh kesehatan dan juga mood kamu. Jika kadar insulin cukup, memang akan membuat kita bersemangat dan berenergi. Namun, jika berlebihan, maka akan mengakibatkan kita cepat lelah dan bawaannya malas dan mengantuk.

1Kondisi Psikis

Sumber : www.news.psu.edu

Perubahan mood yang terlalu sering, misalnya sekarang sedang senang, kemudian tiba-tiba sedih. Sekarang tertawa namun sesaat kemudian tiba-tiba meneteskan air mata, bisa menjadi pertanda ada masalah dengan kondisi psikologis. Jika hal ini terjadi pada kamu, jangan segan untuk berkonsultasi pada psikiater. Bisa jadi kamu memiliki bipolar disorder atau gangguan psikologis lainnya.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here