wikia.nocookie.net

Mungkin kamu mengira bahwa sebuah anime yang sangat populer, pastilah menghasilkan keuntungan tiada tara bagi studio perilisnya. Namun ternyata, hidup memang tidak semudah itu. Dilihat dari luar memang beberapa anime tampak sangat berjaya, tapi kalau mau menyelidiki sampai ke dalam, ternyata ada banyak faktor sehingga anime tersebut mengalami kerugian.

Di bawah ini sendiri adalah beberapa judul anime yang pasti sangat familier di telingamu. Mungkin kamu tidak menyangkan bahwa anime-anime ini pernah rugi besar. Apa saja anime tersebut? Berikut ini daftanya.

1Mobile Suit Gundam

wikia.nocookie.net

Sekarang siapa yang tidak mengenal anime Mobile Suit Gundam series. Bahkan anime ini seolah menjadi ikon anime mecha sejak dulu hingga sekarang. Tiap seri anime yang disiarkan di stasiun televisi selalu menarik perhatian para penonton. Namun, siapa sangka jika seri pertama anime ini mendapatkan kerugian besar-besaran. Pasalnya, anime yang ditayangkan di tahun 1979 memang memiliki kualitas yang sangat buruk. Episode aslinya yang seharunya 52, harus dipangkas hingga tinggal 39 episode, dan untungnya bisa dipanjangkan sampai 43 episode. Untungnya setelah hak cipta Gundam dibeli Bandai, semua hal yang berhubungan dengan Gundam menjadi populer. Mulai dari animenya sampai robot-robotan mini yang sering kamu sebut sebagai Gunpla.

2Kimagure Orange Road

operationrainfall.com

Ketika tankoubon dari manga Kimagure Orange Road di rilis, penjualannya sangat membanggakan. Bayangkan saja, manganya terjual sampai 20 juta eksemplar. Kemudian animenya pun ditayangkan dan menjadi anime yang cukup banyak diminati pecinta anime, tetapi penjualannya di Inggris anjlok parah.

3Digimon Tamers

justwatch.com

Seri Digimon sebenarnya ada banyak, tetapi yang cukup buruk dalam penjualan adalah seri Digimon Tamers. Banyak yang menganggap, cerita di serial ini terlalu gelap untuk anak-anak, sehingga akhirnya tidak begitu laku di pasaran.

4Lupin the Third: The Castle of Cagliostro

otakuusamagazine.com

Anime movie Lupin; The Castle of Cagliostro menjadi anime yang sangat populer di Jepang. Bahkan anime ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki, bapaknya Studio Ghibli. Sayangnya fans menjadi kecewa karena perubahan yang terjadi pada sifat Lupin, yang berbeda dari anime aslinya. Selain itu, penjualannya di Amerika pun tidak terlalu baik karena dianggap sebagai film kartun biasa yang mungkin akan buang-buang uang untuk ditonton.

5Nichijou

forbes.com

Anime Nichijou mendapat rating yang cukup tinggi dari MAL dari segi cerita. Bahkan manga-nya pun sukses di pasaran. Sayangnya, ketika animenya rilis, penjualan DVD Blue Ray-nya tidak begitu tinggi, dan sama sekali tidak bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan untuk anime ini. Padahal ceritanya memang sangat seru dan bagus, cocok ditonton untuk kamu yang sedang galau dan ingin tertawa terpingkal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here