Sumber: www.tnhglobal.com

Piala Dunia merupakan salah satu hajat terbesar yang diselenggarakan oleh negara-negara yang tergabung dalam FIFA. Sebagai salah satu event paling dinanti, World Cup hanya diselenggarakan setiap empat tahun sekali di salah satu negara yang terpilih sebagai tuan rumah.

Negara beruntung kali ini yang menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya di Eropa Timur adalah Rusia. Setelah melalui proses voting dan keputusan yang panjang dari dewan penyelenggara, terpilihlah beruang putih sebagai negara paling disorot dalam FIFA World Cup kali ini.

Selalu menampilkan tim-tim terbaik dalam berbagai negara, ada yang berbeda dengan pagelaran kali ini. Penasaran kan apa saja yang membuat World Cup kali ini berbeda?

1Pertama kali menjadi tuan rumah bagi Rusia

Sumber: laodong.vn

Setelah melalui proses persaingan dengan beberapa negara, seperti Inggris, Spanyol hingga Belgia. Hasil voting dimenangkan Rusia yang kemudian diresmikan pada 2 Desember 2010. Secara otomatis, beruang putih menjadi negara di Eropa Timur pertama yang menjadi tuan rumah World Cup.

2Digelar di 11 kota

Sumber: worldsoccer.com

Jika biasanya Piala Dunia hanya diselenggarakan di satu kota suatu negara, maka berbeda dengan kali ini. Momen terbesar itu sudah dipersiapkan oleh Rusia di 11 kota, yakni Moskow, Saint Petersburg, Ekaterinburg, Kazan, Samara, Sochi, Rostov-on-Don, Nizhny Novgorod, Saransk, Kaliningrad dan Volgoggrad.

Bukan tanpa alasan, mengingat Rusia memiliki luas negara yang bisa disetarakan dengan benua. Jumlah tersebut ternyata juga disesuaikan dengan banyaknya kesebelasan sepak bola. Menarik, bukan?

3Bola paling canggih

Sumber: worldsoccer.com

Sebagai acara paling dinanti dan terbesar di dunia, sudah pasti tidak ada yang main-main dalam proses persiapannya. Bola Telstar18 merupakan salah satu benda yang dipersiapkan dengan baik. Namanya diambil dari satelit telekomunikasi pertama milik Nasa yang diluncurkan pada tahun 1962.

Tidaklah main-main, Telstar 18 dibuat dengan metode thermo bonded dan dilengkapi dengan micrichip. Sementara proses produksinya secara khusus dilakukan di Pakistan.

4Logo Dilaunching di Luar Angkasa

Sumber: en.mercopress.com

Empat tahun sebelum pagelaran Piala Dunia Rusia digelar, mereka telah merilis logo yang bakal menjadi ikon World Cup 2018. Berbeda dengan sebelumnya yang diluncurkan pada acara ceremonial.

Kali ini logo tersebut dikenalkan oleh para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan langsung disiarkan ke Teater Bolshoi, Moskow.

5Tema logo

Sumber: www.sbnation.com

Setiap Piala Dunia memiliki logo masing-masing yang mencerminkan FIFA dan mengandung filosofi tertentu. Mengingat Rusia merupakan salah satu negara yang paling maju dalam bidang antariksa. Menariknya, logo kali ini bertema mimpi dengan penggabungan kosmik luar angkasa. Tak lupa ditambahkan unsur lokal seperti matryoshka dan burung api.

62 Negara Pertama Kalinya Ikut Serta

Sumber: indianexpress.com

Piala Dunia 2018 merupakan momen paling berharga bagi Panama dan Islandia. Pasalnya dua negara tersebut pertama kalinya ikut serta dalam pagelaran besra internasional ini setelah sekian lama menunggu untuk bergabung.

Jangan sampai ketinggalan pertandingan World Cup 2018 yang diselenggarakan pada 14 Juni-14 Juli, ya. (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here