Sumber: greatnessindonesia.blogspot.com

Berkutat dengan pekerjaan setiap hari tentu membuat pikiran jenuh. Well, nggak ada salahnya bila mengambil cuti sebentar untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang sayang bila dilewatkan.

Nah, untuk waktu libur kali ini datanglah ke Gorontalo yang disebut-sebut sebagai The Hidden Paradise of Indonesia. Selain Bali dan Bunaken yang populer dengan keindahan pantai-pantai serta pemandangan bawah laut, ternyata daerah yang katanya surga tersembunyi ini memiliki taman laut dengan pemandangan terumbu karang yang lebih bervariasi bernama Olele.

Saking indahnya, wisatawan asing banyak pula yang memuja lansekap serta biota laut Olele. Jadilah kini, taman laut tersebut dijadikan sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah dengan sarana dan prasarana yang mulai membaik. Hmm, jadi tidak sabar ingin bersua dengan Olele secara langsung. Let’s get lost, traveller!

1You Have to Know About Olele!

Sumber: alghitravel.wordpress.com

Karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan luas, maka wajar saja bila negara satu ini memiliki jajaran pantai – pantai yang indah, seperti Taman Laut Olele ini. Sebelum berangkat ke sini, pastikan ketahui lokasinya. Olele terletak di Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo.

Taman laut itu sendiri merupakan bagian dari Teluk Tomini yang lebih dahulu terkenal dengan keindahannya. Daerah konservasi ini memiliki ragam biota laut yang masih terjaga, ditambah dengan terumbu karang indah dan bervariasi. Nggak heran bila, Olele ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

2Berangkat ke Olele, yuk!

Sumber: bisniswisata.co.id

Wilayah Gorontalo yang berbatasan dengan laut membuat daerah-daerahnya juga memiliki lokasi yang berdekatan dengan pantai. Untuk menghemat waktu dan biaya, maka pilihlah jalur udara sebagai akses utama. Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta atau Juanda Surabaya dengan tujuan pemberhentian Bandara Djalaluddin Gorontalo.

Ketika sampai di kota, kamu nggak perlu bingung dengan transportasi dan jarak tempuh menuju obyek wisata. Sebab, Taman Laut Olele hanya berjarak 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Wisatawan bisa menggunakan angkutan umum atau motor sewaan dengan waktu sekitar 40 hingga 50 menit saja. Atau jika tak sabar ingin segera menengok keindahan taman bawah laut, pilih saja jalur laut dengan menggunakan speedboat yang hanya memakan waktu 10 menit.

3Fasilitas Lengkap, Mudahkan Wisatawan

Sumber: www.kaskus.co.id

Sebagian besar tujuan dari para traveller yang datang kemari adalah untuk menikmati keindahan bawah laut Olele yang kaya akan ragam terumbu karang hingga biota laut. Oleh sebab itu, snorkeling dan diving adalah kegiatan utama kala mengunjungi The Hidden Paradise ini.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan nggak perlu khawatir, sebab di sini Anda akan dimanjakan dengan penyewaan alat-alat untuk kegiatan tersebut. Tanpa mematok harga tinggi, alat-alat itu disewakan dengan kisaran harga Rp. 50 ribu saja untuk satu orang. Ada pun alat yang akan didapatkan adalah snorkel, kacamata, dan kaki katak. Sedangkan untuk perlengkapan diving Anda perlu merogoh kocek Rp. 250 ribu untuk satu set lengkap diving stuff.

Taman Laut Olele memiliki spot-spot snorkeling atau menyelam yang wajib dicoba satu persatu. Untuk menjangkau titik-titik tersebut, pihak pengelola telah menyediakan penyewaan perahu pula dengan harga sewa Rp. 250 ribu untuk berkunjung ke semua spot. Sementara Olele memiliki sembilan spot indah yang harus dikunjungi! Wah, wisatawan benar-benar dimanjakan dengan fasilitas lengkap yang telah disediakan.

4Let’s Snorkeling dan Nikmati Pemandangannya

Sumber: beritagar.id

Ombak Pantai Olele ynag relatif tenang menjadikan destinasi wisata ini ideal digunakan sebagai tempat untuk snorkeling dan diving. Ditambah lagi di dalamnya terdapat ragam terumbu karang warna-warni yang kontras. Saat kamu snorkeling di taman laut ini, maka akan menemukan dua jenis terumbu karang, yaitu dangkal dan dalam.

Biasanya saat snorkeling, wisatawan hanya dapat melihat terumbu karang dangkal dengan kedalaman setengah hingga satu meter dari permukaan laut. Meskipun begitu, pemandangan tersebut hanyalah sebagai ucapan selamat datang karena kamu akan terkesima sata melihat yang bagian dalamnya lagi.

5Goa Jin, Salvador Dali Hingga Coral Pole Spot Menarik untuk Diving

Sumber: www.triptrus.com

Saat menyelami Taman Laut Olele, Anda akan bertemu dengan sebuah spot unik yang tidak akan ditemui di tempat lain. Goa Jin namanya. Titik ini memiliki ragam terumbu karang indah dan menakjubkan dengan kedalaman 22 meter. Saat menyelam, diver akan ditemani dengan ikan-ikan kecil yang semakin mempercantik lansekap bawah laut. Spot ini kerap kali dijadikan sebagai tempat peristirahatan oleh para diver karena letaknya yang hampir menjorok kedaratan.

Selain Goa Jin, kamu juga wajib menyelami sebuah titik diving bernama Salvador Dali. Nama yang tidak asing itu diambil dari seorang pelukis asal Spanyol yang terkenal dengan aliran surealisme-nya. Sama halnya dengan hasil karya pelukis tersebut. Salvador Dali spot memiliki terumbu karang unik dan bagaikan lukisan.

Teruskan lagi perjalanan diving Anda ke Coral Pole yang memiliki bunga karang berbentuk sarang lebah. Nah, di titik ini banyaknya diver yang berhenti untuk sekadar menikmati pemandangan hingga mengabadikan momen menarik menimbulkan sebuah kemacetan di dasar laut. Tentu saja hal itu disebabkan oleh warna terumbu karang kontras yang benar-benar menakjubkan saat dibidik.

Taman Laut Olele disebut-sebut sebagai spot snorkeling dan diving yang lebih indah dari pada Bunaken. Ragam terumbu karang yang tidak dijumpai di taman laut lain akan kamu temui di sini. Oleh sebab itu, destinasi wisata ini pantas dijuluki Surga Tersembunyi di Gorontalo. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here