Sumber: rarehistoricalphotos.com

Kini masyarakat berlomba-lomba mencari pekerjaan bergengsi dengan harapan untuk mendapatkan gaji tinggi dan memperbaiki kehidupan. Banyak lapangan pekerjaan saat ini yang menawarkan ragam pekerjaan sesuai dengan pendidikan masing-masing orang. Namun bagaimana dengan dulu?

Jauh sebelum zaman, teknologi hingga pendidikan semaju sekarang, manusia lebih memiliki berkebun, bertani hingga menjadi buruh pabrik. Meski ada beberapa dari mereka yang menjadi dokter, ilmuwan, hakim hingga pengusaha. Namun tahukah kamu bila ternyata ada pekerjaan yang tercatat aneh dan tidak masuk akal dalam sejarah perdaban manusia?

Ketahui macam dan kisahnya berikut ini, yuk!

1Pembantu raja pergi ke toilet

Sumber: ladycastlemaine.deviantart.com

Dahulu saat raja hendak pergi ke toilet harus dibantu oleh seorang pelayan. Nah, pekerjaan inilah yang disebut dengan The Groom of The Stool atau pembantu raja ke toilet.

Posisi ini dianggap terhormat pada masa awal Kerajaan Inggris modern. Mereka termausk ke dalam kelompok bangsawan karena dinilai beruntung bisa mengetahui sisi rahasia dari kerajaan. Mereka menikmati kekuasaan yang cukup besar di istana, mulai dari memegang tangan raja, hingga mengetahui bagian terburuk pemimpinnya.

2Penggali mayat

Sumber: frankzumbach.wordpress.com

Menurut peneliti di New York Academy of Medicine, dulu ada sebuah pekerjaan untuk menggali mayat atau disebut dengan Resurrectionists. Mereka ini tugasnya untuk kembali mengambil jasad-jasad manusia yang telah meninggal dunia, kemudian menjualnya ke sekolah medis.

Awalnya pekerjaan ini diziinkan dan sah-sah saja. Namun kemudian di abad ke 19 justru menjadi kontroversi karena dua orang pekerjanya, William Burke dan William Hare justru menyalah gunakan. Mereka melakukan aksi pembunuhan berantai karena tidak sabar. Akhirnya, jasad orang-orang yang dibunuhnya dijual ke seorang instruktur di sekolah anatomi swasta di Edinburgh.

3Tukang cuci di zaman Roma kuno

Sumber: www.ancient-origins.net

Tukang cuci atau fuller bertanggung jawab atas cucian dari para bangsawan di zaman Roma Kuno. Tak sekadar mencuci biasa, namun pekerjaan mereka dianggap kotor. Mereka harus berdiri di dalam bak berisi air dan bahan kimia alkalin. Seringkali juga pakaian-pakaian tersebut dinodai oleh urine basi dan tumpukan kotoran. Menurut Encyclopedia of Ancient History, mereka harus menginjak, menggosok dan memeras kain hingga benar-benar bersih.

4Kambing hitam

Sumber: kinderbooks.net

Dahulu keluarga kerajaan selalu dianggap paling benar. Meski mereka berbuat kesalahan, namun tetap dinilai benar dan melemparkannya pada orang lain. Orang terkena sasaran ini adalah kambing hitam yang sengaja dibayar.

Namun yang lebih memprihatinkan dan mengenaskan adalah fenomena kambing hitam anak-anak di masa itu. Pangeran muda yang kerap bersikap nakal dan mau menang sendiri disediakan teman bermain. Anak tersebut bertujuan untuk menerima pukulan, serta pelampiasan dari kekacauan yang dibuat oleh sang pangeran.

Menurut History of Parliament, Charless III pernah mencambuk seorang anak kambing hitam demi melindungi pangeran. Namun anak tersebut diangkat ke posisi Earl of Dysart pada tahun 1643 serta memberinya beberapa hadiah.

5Penangkap tikus

Sumber: rarehistoricalphotos.com

Tikus merupakan hewan pembawa dan penyebar penyakit di masa Ratu Vitoria. Spesies tikus yang ditemukan saat itu adalah Jack Black, yang mana memiliki warna hitam, besar sering mengacaukan kota.

Namun pada suatu hari ada seorang laki-laki yang justru tampak bermain-main dengan tikus dan dianggap bisa menjinakkan hewan pengerat tersebut. Akhirnya, ia pun ditunjuk oleh ratu untuk menjadi penangkap tikus di seluruh kota. Jadilah, ratusan tikus dimasukkan ke dalam jebakan guna mencegah wabah menyakit yang menyebar kala itu. (ind/flk)

Source: Businessinsider.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here