Sumber: www.notstrictlyspiritual.com

Tahukah kamu bila bumi bukanlah satu-satunya benda langit yang besar? Masih ada planet lain yang ukuran jauh melebihi planet kita. Begitu pula dengan matahari yang jutaan kali lebih besar dan jauh.

Sementara dari planet-planet, matahari, satelit sampai bintang membentuk sebuah kelompok yang dinamakan dengan Galaksi Bima Sakti. Kendati bukan satu-satunya galaksi yang berukuran besar, namun tempat tinggal para makhluk hidup ini punya keistimewaan, lho. Apa saja?

1Ribuan bintang yang dilihat dari mata telanjang bagian dari Bima Sakti

Sumber: flickr.com

Bintang yang terlihat di langit malam diperkirakan memiliki jumlah 4.548 saat tertutup oleh awan. Namun di cuaca yang stabil bisa mencapai 9.096. Nah, semua bintang yang terlihat dengan mata telanjang tersebut merupakan bagian dari galaksi Bima Sakti.

Bisa bayangkan berapa luasnya galaksi kita yang menampung ribuan bintang tersebut?

2Galaksi Luas

Sumber: buhomag.elmundo.es

Milky Way diperkirakan berdiameter 100.000 tahun cahaya dan berisi hingga 400 miliar bintang, termasuk matahari. Sementara jarak antara Bumi dan sistem bintang paling dekat yakni Alpha Centauri saja hingga triliunan tahun.

Bahkan nih, dengan teknologi terbaik yang dimiliki oleh manusia membutuhkan waktu berabad-abad untuk mencapai bintang terdekat tersebut. Voyager-1 saja butuh waktu 40.000 tahun untuk bisa sampai ke Alpha Centauri. Bisa bayangkan seberapa luasnya galaksi Bima Sakti?

3Bukanlah satu-satunya galaksi

Sumber: master-insight.com

Orang Yunani Kuno percaya bahwa tata surya kita mewakili seluruh alam semesta. Matahari, bulan dan planet lain justru mengelilingi Bumi setiap hari. Sementara Archimedes berpendapat bahwa seluruh alam semesta bisa dicapai dalam waktu dua tahun cahaya saja.

Namun pendapat tersebut berhasil dipatahkan melalui serangkaian penelitian oleh para ilmuwan astronomi. Pada tahun 1923, Edwin Hubble membuktikan bahwa galaksi kita bukanlah seluruh alam semesta. Sebenarnya masih ada ratusan miliar galaksi di luar Bima Sakti.

Berdasarkan pengamatan melalui Hubble Space Telescope, jumlah galaksi alam semesta lebih dari 2 triliun. Bayangkan sekecil itu ukuran Bima Sakti kita di jagat raya ini, guys!

4Berkoalisi dengan Andromeda

Sumber: lavanguardia.com

Salah satu galaksi yang paling dekat dengan Bima Sakti adalah Andromeda. Dua galaksi ini bahkan saling bertabrakan dan melewati satu sama lain. Jarak yang dekat itulah yang membuat bintang-bintang keduanya saling bertemu.

Diperkirakan jarak Andromeda dan Bima Sakti semakin dekat, yakni 140 km/jam. Menurut penelitian, keduanya berada di titik pertemuan sejajar 4 miliar tahun dari sekarang.

5Bima Sakti punya banyak planet

Sumber: kids.nationalgeographic.com

Seperti kita ketahui bila planet yang berada di Bima Sakti hanya tujuh saja, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Saturnus, Uranus, dan Pluto. Namun sebenarnya, galaksi kita terdiri dari jutaan planet.

Hanya di kelompok inilah banyak tersimpan zat untuk bertahan hidup, yakni air, oksigen, hidrogen hingga atmosfer yang sesuai.

6Berpusat pada lubang hitam

Sumber: latarcera.com

Semua galaksi berpusat pada suatu tempat, termasuk Bima Sakti. Bintang tertua dari galaksi kita sudah berusia sekitar 13,82 miliar tahun dan terbentuk setelah Big Bang. Banyak materi yang jatuh ke pusat galaksi yang tak lain adalah Black Hole. Letaknya 26.000 tahun cahaya dari Bumi, dengan massa setara dengan 4,1 juta matahari.

Jadi guys, dari sekian banyak galaksi hanya Milky Way lah yang memiliki keistimewaan. Di sinilah makhluk hidup bisa melangsungkan kehidupan. Namun Bima Sakti hanyalah butiran debu di tengah-tengah alam semesta. (ind/flk)

Source: Astronomytek.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here