brilio.net

Meski umat manusia kini telah tumbuh menjadi lebih pintar, namun tetap saja masih banyak sekali hal yang belum di ketahui. Gak usah jauh-jauh, salah satunya adalah otak manusia yang masih menyimpan ribuan misteri yang belum terpecahkan hingga sampai saat ini.

Otak merupakan satu organ tubuh manusia yang sangat unik. Otak bahkan bisa bertindak jauh berbeda dengan apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, untuk orang yang masih awam dalam urusan otak, berikut ini adalah 5 kebiasaan unik otak yang jarang di ketahui oleh banyak orang.

Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1Kapasitas memori jangka pendek manusia rata-rata bisa mengingat sampai tujuh hal

www.suara.com

Taukah kamu kalau otak manusia rata-rata bisa mengingat 7 hal dalam jangka waktu pendek? Memori jangka pendek ini berfungsi seperti RAM dalam komponen komputer yang datanya dapat hilang sewaktu-waktu jika tidak segera di simpan pada penyimpanan memori jangka panjang.

2Kuning adalah warna yang paling mudah di ingat oleh otak

www.republika.co.id

Matamu memiliki reseptor warna untuk biru, hijau dan merah. Sementara warna kuning memicu sebagian besar reseptor untuk menyala. Oleh karena itu otak bisa lebih mengingat warna kuning di banding warna yang lainnya.

3Kamu memiliki 2 sistem syaraf

wartakota.tribunnews.com

Apakah kamu sudah mengetahu fakta yang satu ini? Manusia memiliki 2 sistem syaraf yaitu pertama untuk merangsang dan yang kedua adalah untuk menghambatnya.

4Ingatanmu tak sebagus dari apa yang kamu fikir

www.provoke-online.com

Otak ternyata memiliki kelemahan yang fatal dalam mengingat memori jangka panjang. Oleh karena itu terkadang manusia bisa salah dalam mengingat kembali ingatan masa lalu. Manusia jauh lebih mudah untuk memacu imajinasi dari pada mengingat masa lalu.

5Memori jangka panjang tidak aktif ketika tidur

kotak87.com

Apakah kamu pernah mengalami mimpi yang seru tetapi pas ketika bangun kamu malah tidak bisa mengingatnya? Hal ini di akibatkan oleh otak yang menon-aktifkan hampir semua fungsi memori jangka panjang ketika sedang tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here