burungnya.com

Suaranya merdu, harga jualnya juga cukup tinggi, ternyata perkutut juga memiliki mitos mistis yang berhubungan dengan hal-hal Kejawen.

Sekilas, burung perkutut mungkin mirip dengan burung dekuku. Namun jika dilihat saksama, burung perkutut punya ukuran tubuh yang lebih kecil dan ramping, berbeda dengan burung dekuku yang cukup besar. Burung ini juga punya keunggulan yang membuat harganya bisa membumbung tinggi, yaitu kicauannya yang merdu dan unik. Tidak seperti burung pada umumnya yang kicaunya melengking dengan suara tinggi seperti berbunyi cicitcuit cuit cuit, burung perkutut punya kicauan yang cenderung ngebas dan dalam.

Tidak heran jika burung perkutut menjadi favorit sebagian besar pecinta burung, terutama laki-laki Jawa Kuno, yang meyakini bahwa kurang afdol kalau di rumah tidak punya burung perkutut. Akan tetapi, burung ini juga punya banyak mitos yang berhubungan dengan dunia mistis maupun klenik.

Apa saja mitos yang dimiliki seputar burung mahal ini? Berikut ini ulasannya.

1Burung Perkutut Identik Sebagai Burung Gaib

panduanternak.com

Zaman dulu, perkutut merupakan burung istimewa yang biasanya dimiliki kaum-kaum bangsawan atau orang kaya. Termasuk oleh Prabu Brawijaya. Akan tetapi, Prabu Brawijaya punya perkutut yang istimewa. Perkutut tersebut diceritakan merupakan jelmaan pangeran Joko Mangu yang dikutuk menjadi perkutut akibat ulah seseorang yang jahat. Akhirnya perkutut jelmaan itu pun selalu bersama dengan Prabu Brawijaya hingga masa kepindahannya ke Ngayogyakarta. Rupanya, tidak hanya menemani, perkutut tersebut juga kerap membantu Prabu Brawijaya dalam usahanya untuk menyatukan raja-raja di Jawa. Itulah mengapa perkutut Prabu Bawijaya dianggap sosok sakti yang berhubungan dengan hal-hal berbau gaib.

2Ada Perkutut Pembawa Sial atau Keberuntungan

perkutut-indonesia-jawa.blogspot.com

Variasi burung perkutut sangatlah banyak, dan dari setiap varian dianggap memiliki tuahnya sendiri-sendiri. Ada yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan, hingga kesialan. Contohnya saja perkutut katuranggan dan perkutut songo ratu yang dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Kemudian ada juga perkutut buntel mayit yang diyakini dapat membawa malapetaka. Inilah sebabnya beberapa orang kerap kali memilih-milih jenis perkutut untuk dipelihara.

3Beberapa Orang Melakukan Pesugihan dengan Burung Perkutut

burungnya.com

Pelaku pesugihan memang bermacam-macam caranya. Mulai dari pesugihan babi ngepet hingga pesugihan memakai perkutut. Biasanya perkutut yang dipakai adalah yang memiliki jambul di atas kepala. Menurut kepercayaan pencari pesugihan, perkutut jenis ini dapat menjadi penghubung antara manusia dan dunia ghaib. Biasanya pesugihan tersebut bisa berupa keinginan menjadi kaya, atau juga supaya karirnya bagus dengan jabatan yang tinggi di kantor. Pesugihan macam ini sendiri disebut sebagai Pesugihan Kutut Manggung, yang mana dipercaya jika perkutut yang bersangkutan semakin sering berkicau, maka akan semakin kaya.

4Burung Perkutut adalah Teman yang Setia

jalaksuren.net

Orang-orang percaya jika burung perkutut adalah salah satu hewan yang sangat setia. Sebab, meskipun sudah dilepaskan, biasanya akan kembali lagi ke sangkarnya. Hal ini kemungkinan karena perkutut tersebut sudah menganggap sangkar sebagai sarangnya, sehingga ketika dilepas pun akan kembali lagi. Namun, jika tidak mau menggambil risiko perkutut milikmu kabur, sebaiknya jangan dicoba. Atau, kamu bisa melatihnya terlebih dulu supaya menurut.

Percaya nggak percaya, mimin kembalikan pada pembaca. Namun, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua mengenai mitos-mitos yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here