Sumber: www.feedme.id

Situs pencari video raksasa Youtube menjadi yang paling berpengaruh kini. Di samping maraknya media sosial, warganet juga kerap mengaksesnya untuk mencari video yang dicari. Uniknya hampir semua gambar bergerak yang dibutuhkan ada di sini!

Apalagi nih, tren vlog dan job sebagai Youtuber yang membagikan kisah keseharian, diskusi, tutorial hingga stand up comedy menarik minat netizen. Mereka tak perlu susah lagi mencari hiburan, dan mencari cara untuk melakukan berbagai aktivitas sebab banyak video yang dibagikan di Youtube.

Tapi pernah tidak kamu berpikir dari sekian banyaknya video, siapakah pengunggah gambar bergerak pertama di situs tersebut? Penasaran, kan? Ini dia jawabannya!

1Sudah 13 tahun berlalu

Sumber: www.provoke-online.com

Siapa sangkan bila situs video sharing Youtube akan meraksasa. Padahal dulunya, sang co-founder pernah mengunggah satu gambar bergerak saat orang masih belum mengenal situs ini.

Tepat pada 23 April 2005, sebuah video bertajuk Me at the Zoo (Saya di Kebun Binatang) diunggah untuk pertama kalinya oleh akun Jawed, yang tak lain adalah salah satu pendiri dari Youtube. Kala itu ia melakukan percobaan pertama untuk pengunggahan di situs miliknya tersebut.

2Berdurasi 19 detik

Sumber: youtube.com

Jika dibandingkan dengan video-video Youtube zaman sekarang yang penuh dengan editan dan efek, punya Jawed kalah jauh. Namun video bersejarah dengan durasi 19 detik ini menunjukkan dirinya tampak berdiri di depan kandang gajah. Ia terkesima dengan belalai binatang tersebut dan menyebutnya ‘sangat, sangat panjang’.

3Direkam dengan kamera standard

Sumber: telset.id

Berbeda dengan sekarang, yang mana teknologi sudah mulai berkembang dan canggih. Sehingga pengambilan gambar pun menggunakan kamera terbaik. Berbeda dengan video milik Jawed Karim.

Kala itu ia merekamnya dengan aspect ratio non-widescreen yang umum. Sehingga banyak sekali kekurangan sana sini, seperti bidang kosong berwarna hitam di sisi kanan serta video atau disebut dengan pillarboxing.

4Dirintis oleh tiga mantan karyawan

Sumber: id.techinasia.com

Youtube tidak hanya didirikan oleh Jawed. Ada dua rekannya lagi, yakni Chad Hurley dan Steve Chen. Mereka adalah mantan karyawan Paypal. Domain www.Youtube.com mulai diaktifkan pada 24 Februari 2005. Namun kala itu masih belum digunakan oleh masyarakat umum dan dikenal. Setelah beberapa bulan kemudian, barulah beroperasi menjadi situs video sharing dengan hanya beberapa pengguna saja.

5Berkembang jadi video browser raksasa

Sumber: www.thefactspeak.com

Keteranaran Youtube semakin melejit. Setelah satu tahun lalu berlalu, tepatnya 2006 sudah tercatat 65.000 video diunggah setiap harinya. Mengetahui hal tersbeut, akhirnya Google mengakuisisi di tahun yang sama dengan total harga 1,65 miliar dolar AS.

Kini situs ini menjadi anak perusahaan Google yang banyak melahirkan bintang-bintang baru, mulai dari musisi, aktor, vlogger, reviewer, sampai comica.

Siapa sangka ya guys melalui video yang menjadi cikal bakal vlog tersebut menjadikannya Youtube sebagai salah satu situs terbesar dan berpengaruh saat ini. (ind/flk)

Source: Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here