Sumber: www.worthview.com

Di era digital segala aktivitas lebih mudah dilakukan hanya dalam satu genggaman. Browsing artikel, membaca informasi harian hingga mencari video terkini yang sedang viral. Youtube menjadi salah satu situs video sharing terbesar saat ini dengan total pengguna hingga jutaan orang di seluruh dunia.

Bila Google menyimpan segala informasi dan data secara tertulis, maka Youtube dalam bentuk gambar bergerak. Sejak didirikan sekitar 13 tahun yang lalu, situs ini semakin berkembang pesat dan menjadi wadah penggunanya untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Tetapi di balik itu semua ada fakta mengejutkan tentangnya, lho! Simak ulasannya berikut ini yuk!

1Awalnya merupakan situs kencan

Sumber: iluminasi.com

Youtube didirikan oleh tiga anak muda yang dulunya bekerja di PayPal. Awal dibentuk, situs ini merupakan situs video kencan yang diberi nama Tune In Hook Up. Namun akhirnya, mereka tak meneruskan ide tersebut, malah membangun dengan gagasan baru.

Situs video sharing ini sendiri awalnya terinspirasi dari pendirinya. Karem tidak bisa menemukan video Janet Jackson soal ‘malfungsi pakaian’. Kemudian Hurley dan Chen yang tidak dapat berbagi video pesta makan malam dikarenakan lampiran email sudah terlampau penuh.

2Perusahaan Utube.com sempat salah paham

Sumber: www.tenuz.com

Nama domain Youtube..com mulai terdaftar pada Februari 2005. Namun rupanya hal ini membawa masalah bagi utube.com. Orang-orang banyak mengeja dan menyingkat Youtube dengan utube. Tentu saja hal tersebut memunculkan kesalah pahaman.

Akhirnya utube.com menggugat Youtube dengan alasan usahanya rusak gara-gara munculnya nama domain yang sama. Namun tuntutan tersebut ditolak dan utube.com berubah menjadi utubeonline.com.

3Punya event April Mop tahunan

Sumber: tubularinsights.com

Selama tiga tahun di kisaran 2009 hingga 2011, Youtube mengerjai penggunanya setiap tanggal 1 April yang mana merupakan April Fools Day. Mereka pernah membuat video di halaman muka dengan tampilan rickroll. Kemudian di tahun berikutnya memperkenalkan model TEXTp yang dapat menterjemahkan video menjadi teks.

4Video paling banyak dilihat dan disukai

Sumber: knowyourmeme.com

Jika kamu melihat video para vlogger dan MV penyanyi favorit hingga mencapai jutaan viewer. Maka Charlie bit my finger merupakan salah satu gambar bergerak dengan viewer yang paling banyak yakni 283 juta dan masih terus bertambah.

Kemudian salah satu video music Vevo AS, Baby dari Justin Bieber juga pernah meraih viewer terbanyak dengan angka 466 juta dan terus bertambah hingga kini.

Seolah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat kini, coba hitung berapa kali kamu membuka Youtube dalam sehari? (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here