Sumber: tirto.id

Untuk pertama kalinya bagi Panama jadi bagian dari Piala Dunia 2018. Hal ini menjadi yang paling bersejarah. Sebab sebelumnya tim dari negara tersebut tak pernah lolos hingga ke babak World Cup. Pada liga kualifikasi terakhir zona Amerika Tengah dan Utara, mereka berhasil membuat Kosta Rika kalah dengan perolehan 2-1.

Menariknya, mereka juga menyingkirkan Amerika Serikat hingga maju ke perhalatan besar World Cup 2018.

1Jadi negara debutan

Sumber: tempo.co

Sama halnya dengan Islandia yang merupakan negara debutan. Panaman lolos maju ke Piala Dunia 2018 pada debutan kedua.

2Lolos kontroversial

Sumber: tribunnews.com

Meski berhasil mencetak gol pertama ke gawang Kosta Rika, namun kemenangan Panama sempat kontroversial. Disebabkan oleh gawang yang dicetak oleh Blas Perez tak sempat melewati garis gawang. Bola kemudian diteruskan oleh Ronald Mataritta, pemain belakang Kosta Rika.

3Dianggap toreh gol terburuk

Sumber: pontianak.tribunnews.com

23 Negara dipastikan masuk ke putaran final Piala Dunia 2018. Sementara Panama dianggap sebagai tim dengan torehan gol terburuk. Seperti dilansir dari Tempo.co, mereka hanya mampu mencetak 9 gol dari 10 laga. Sementara kebobolan sebanyak 10 gol. Dengan demikian mereka berhutang 1 gol.

4Menang Piala Amerika Tengah

Sumber: tribunnews.com

Panama sukses menorehkan prestasi di laga internasional dengan menyabet Piala Amerika Tengah pada 2009. Kemudian pada 2005 dan 2013 berada di posisi Runner-up.

5Kalahkan Amerika Serikat

Sumber: www.si.com

Di luar dugaan, Panama menyingkirkan Amerika serikat pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Pembobolan gawan ini merupakan aksi balas dendam atas kegagalannya pada kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu. Kala itu mereka dibabat habis oleh Amerika Serikat dengan skor 2-3.

Jangan ketinggalan dengan pertandingan-pertandingan seru selanjutnya pada Piala Dunia 2018 yang digelar pada 14 Juni – 14 Juli, guys! (ind/flk)

Source: Tempo.co

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here