Sumber: mzunguko.com

Piala Dunia 2018 diikut sertai oleh 32 negara yang berhasil meraih kursi untuk bertanding. Dua negara yakni Panama dan Islandia tercatat dalam sejarah baru pertama kalinya masuk dalam putaran kualifikasi hingga membawa mereka pada perhelatan akbar.

Ada banyak cerita dari berbagai negara yang membuat Piala Dunia kali ini terasa begitu berwarna. Simak kisahnya berikut ini, yuk!

1Peru kembali berlaga

Sumber: andina.pe

Bagi Peru ini merupakan kesempatan emas setelah 36 tahun menanti. Dari semua negara, tim nasionalnya menyandang gelar paling lama absen dari World Cup. Diketahui untuk terakhir kalinya, mereka bertanding pada 1982 di Spanyol.

2Meksiko tak pernah menang

Sumber: pulse.ng

Meksiko menjadi negara yang tidak pernah absen dalam perhelatan Piala Dunia. Negara ini selalu lolos babak penyisihan sejak tahun 1930. Namun tercatat dalam sejarah, mereka hanya bermain apik pada kisaran tahun 1970 dan 1986 namun tidak pernah membawa gelar juara.

3Panama tetapkan 11 Oktober sebagai Hari Nasional

Sumber: www.indiafantasy.com

Pada 11 Oktober, Panama berhasil membuat Kosta Rika bertekuk lutut dengan skor 2-1. Mulai saat itu, pemerintahannya mulai menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Libur Nasional. Lolos hingga World Cup merupakan hal paling berharga dan pertama kalinya bagi negara ini.

4Zimbabwe dilarang ikut World Cup 2018

Sumber: FIFA.com

Pada 2015, FIFA menerbitkan surat pernyataan agar Zimbawe tak diikut sertakan lagi dalam Piala Dunia. Hal tersebut dikarenakan negara ini belum melunasi pembayaran dari mantan pelatih timnas.

5Islandia lolos kualifikasi untuk pertama kalinya

Sumber: www.premiumtimesng.com

Selain Panama, Islandia juga menjadi negara yang pertama kali turut dalam Piala Dunia. Setelah lolos babak kualifikasi, akhirnya mereka bisa berlaga di kancah internasional.

Saking antusiasnya, 1/5 penduduk Islandia, atau sama dengan 66 ribu juta jiwa membeli tiket World Cup untuk mendukung tim nasional.

6Amerika Serikat tak ikut serta lagi

Sumber: www.mysanantonio.com

Amerika Serikat tak pernah absen selama 32 tahun di ajang Piala Dunia. Namun kali ini, mereka tak lolos di babak kualifikasi. Sementara TV Fox Sports dikabarkan rugi besar karena telah mengeluarkan dana 322 juta Euro untuk hak siar World Cup 2018 di AS.

7Baru pertama kalinya tanpa Italia

Sumber: www.sfusdedtech.org

Sudah tak diragukan lagi tim nasional Italia berlaga dalam Piala Dunia. Bahkan mereka sudah empat kali menjuarai World Cup sejak tahun 1958. Namun sayangnya, penggemar Negara Pizza ini harus kecewa karena mereka tidak lolos pada babak penyisihan melawan Swedia pada November 2007.

Siapa tim jagoanmu pada Piala Dunia 2018? (ind/flk)

Source: Dw.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here