www.sahretech.com

Siapa yang tak kenal dengan sampah pelastik yang dari dulu sudah sangat meresahkan keberadaannya. Tetapi meski plastik ini cukup berbahaya untuk lingkungan, tidak bisa dipungkiri, kelangsungan keseharian kehidupan manusia sangat bergantung dengan plastik.

Plastik yang sangat penting ini terbukti telah menrusak ekosistem. Manusia kian dilema untuk menggantikannya dengan yang lain karena tak ada satupun bahan yang cocok dan sebaik plastik.

Tetapi guys, baru-baru ini terdapat beberapa penemuan menakjubkan yang di prediksi dapat menggantikan plastik dan menghentikan penggunaannya di muka bumi. Kalian penasaran dengan seperti apa saja teknologi tersebut?

Berikut ini adalah 4 teknologi yang mampu mengubah wajah dunia sepenuhnya. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1Kantong belanja dari pati singkong

www.liputan6.com

Bukan terbuat dari bahan sintetik, kantong belanjaan yang satu ini terbuat dari pati singkong dan mudah untuk di daur ulang guys. Gak seperti plastik yang perlu jutaan tahun untuk melebur bersama tanah, pati singkong tentu gak akan membutuhkan waktu selama itu. Tas belanjaan dari pati singkong ini merupakan karya originalnya anak bangsa. Seorang entrepreneur dari Bali, Kevin Kumala, berhasil menciptakan kantong belanja berbahan pati singkong. Kini tinggal menunggu gimana dunia menanggapi hal ini.

2Styrofoam dari jamur

www.jatayutm.com

Ada juga satu lagi yaitu styrofoam yang terbuat dari bahan organik lain yaitu jamur. Produk ini diciptakan oleh Ecoative dengan bahan dasar miselium jamur yang diproses dan dibentuk sedemikian rupa agar bisa digunakan sebagai kemasan produk. Produk ini terbukti sama sekali tidak mengandung senyawa kimia sedikitpun.

3Polikarbonat dari gabungan gula dan karbon dioksida

www.sahretech.com

Ada juga polikarbonat nih guys. Kalian bisa bayangkan seperti apa nantinya polikarbonan yang terbuat dari gula dan karbon dioksida? Para peneliti dari Centre of Sustainable Chemical Technologies (CSCT), Inggris berhasil menemukan plastik buatan yang berasal dari gabungan gula dan karbon dioksida. Hal tentu merupakan terobosan yang sangat luar biasa. Kini bahan plastik polikarbonat bisa di urai dengan cepat dan gak akan merusak lingkungan.

4Botol minuman dari ekstrak mikroalga

today.line.me

Ada juga nih terobosan baru yang gak kalah jenius. Apakah kamu pernah membayangkan kalo di masa depan ada botol minuman yang lentur dan bisa di makan guys? Sepertinya sebentar lagi mimpi itu akan segera menjadi kenyataan. kini Institusi ilmu pengetahuan bernama European Institute of Innovation and Technology (EIT) berhasil menciptakan kemasan air minum berbentuk bola yang bisa dimakan, karena terbuat dari ekstrak mikroalga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here