Sumber: www.provoke-online.com

Bumi menjadi tempat paling ideal bagi makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan. Tak heran bila di dunia banyak sekali jumlah hewan dan tumbuhan. Sebagai yang paling sempurna dan dilengkapi dengan struktur otak lengkap, tentu saja manusia dapat melakukan banyak perubahan dan peradaban.

Dengan akal dan  kecerdikannya, manusia bisa menciptakan beragam alat untuk mempermudah dalam beraktivitas. Sejumlah perubahan telah diciptakan. Kendati demikian, tahukah kamu bila beberapa hewan di dunia ini juga memiliki kecerdikan?

Ya, 6 hewan berikut ini tercatat sebagai paling cerdik dan akalnya ada-ada saja.

1Primata

Sumber: kids.nationalgeographic.com

Jenis hewan primata yang meliputi monyet, orang utan, gorila, simpanse dan bonobo merupakan hewan terpandai setelah manusia. Menurut beberapa teori sains, manusia sebenarnya berasal dari jenis monyet yang berevolusi.

Penelitian juga membutktikan bila DNA primata sama dengan manusia. Mereka memiliki kehidupan sosial dan ekspresi berbeda sesuai dengan tipe emosinya.

Kecerdasan mereka meliputi kemampuan berkomunikasi baik, cepat tanggap dalam mempelajari sekitar, membuat rumah sendiri dan menemukan makanannya, bisa belajar bahasa manusia hingga mempertahankan diri dari musuh dengan alat.

2Lumba-lumba

Sumber: www.pelanginada.com

Jika kamu sering melihat pertunjukan lumba-lumba yang menakjubkan. Ternyata hewan ini dipilih bukan tanpa alasan. Menurut penelitian sains, jenis hewan ini merupakan yang terpintar karena dapat menirukan bahasa manusia dan mengembangkan kemampuan berbicara.

Sekelompok lumba-lumba dalam habitatnya dapat membangun sebuah pertahanan dan membantu rekannya yang terluka. Kemudian menolong menemukan udara. Selain itu, hewan ini juga bisa memandu manusia dalam menjaring ikan-ikan di laut.

3Gajah

Sumber: amin-raha.blogspot.co.id

Gajah memiliki volume otak yang lebih besar dari kebanyakan hewan darat lainnya. Dalam cortex-nya memiliki banyak neuron yang sama dengan manusia. Kecerdasan hewan ini adalah bisa belajar sesuatu yang baru dengan mudah. Mereka juga bisa melindungi diri serta bergaya di depan kaca.

Sementara bagi yang hidup di hutan liar, gajah memiliki jiwa sosial yang tinggi, berbagi empati hingga membantu sesama yang terluka. Belalai dan kakinya mengendalikan seluruh aktivitas serta sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lawannya.

4Beo Abu-abu Afrika

Sumber: www.cnet.com

Saking cerdasnya hewan ini, sampai-sampai dijuluki sebagai Beo Einsten. Mereka bahkan menunjukkan keinteligensiannya dengan kemampuan berhitung dan berbicara. Menurut Lafeber Company, beo abu-abu merupakan bentuk kompleks dari unggas karena memiliki rasa sensitif tinggi, charming serta brilian.

5Tikus

Sumber: phys.org

Kemampuan untuk berpikir dinamakan dengan metacognitif. Beberapa tahun lalu, para ilmuwan melakukan penelitian terkait tikus yang mirip manusia. Mereka bisa membuat keputsusan berdasarkan pada yang diketahui dan tidak.

Sebuah studi juga membuktikan jika tikus memiliki pertahanan diri, dan membuat rencana-rencana. Mereka mengamati dan belajar tentang sesuatu sehingga akan mendekat bila dipanggil. Yang paling menakjubkan adalah bisa berinteraksi dengan pemiliknya.

6Anjing

Sumber: www.nu.or.id

Sebagai hewan yang mudah dijinakkan, tak ayal jika anjing banyak dipelihara bahkan dianggap sebagai teman hidup. Mereka dijuliki sebagai hewan cerdas karena bisa dengan mudah mempelajari yang diajarkan tuannya.

Kecerdasan anjing dapat dilihat dari seberapa waktu ia mempelajari hal baru, seperti mengikuti komando, menghafal benda, dan mengindentifikasi obyek. Karena mereka sudah lama tinggal bersama manusia, maka para ilmuwan percaya jika anjing layaknya manusia yang lebih mudah mengerti dan bersosialisasi dengan baik.

Setiap makhluk hidup diberi kecerdasan masing-masing. Mereka ada karena memiliki kegunaan dan manfaat. Cintai lingkungan dan sesama makhluk hidup ya, guys. (ind/flk)

Source :  Healthy Pets

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here