Sumber: www.fashionista.com

Industri kreatif terutama fashion menuntut pekerjanya untuk terus menelurkan karya-karya terbaru dengan ide-ide segar. Namun bidang mereka rentan akan plagiat karena keterbatasan ide dan kreativitas.

Brand kenamaan Zara dan Dior pernah kedapatan mencuri ide dari desainer lain. Nggak hanya itu, baru-baru ini rumah mode Moschino juga diduga plagiat karya desainer lainnaya. Dia adalah Edda Gimnes, seorang desainer muda yang berbasis di London.

Ia merasa kecewa dengan apa yang dilakukan Moschino pada koleksi terakhirnya. Melalui status pribadi di laman Facebook, ia menuliskan bahwa brand terkenal itu sudah mencontek desainnya tanpa izin terlebih dahulu. Sementara itu satu tahun yang lalu ia bertemu dengan seseorang dari perusahaan fashion tersbeut dan menunjukkan hasil karyanya.

Menanggapi berita yang ada, desainer Jeremy Scott dan pimpinan Moschino mengkonfirmasi melalui instagram jika koleksi terbaru mereka terinspirasi dari karya sebelumnya. Tapi coba deh kamu perhatikan perbandingan karya mereka berikut ini!

1Edda mengunggah sebuah status di Facebook yang menyatakan jika rumah mode Mischino telah mencontek karyanya. Ia juga menyertakan perbandingannya (karya Gimne di sebelah kiri dan Moschino sebelah kanan).

Sumber: www.boredpanda.com

2Konsep monokrom dengan detail yang hampir sama.

Sumber: www.boredpanda.com

3From top to toe juga nyaris mirip.

Sumber: www.boredpanda.com

4Jeremy Scot, desainer dan pimpinan kreatif Moschino mengunggah gambar behind the scene.

Sumber: www.boredpanda.com

5Ia mengatakan jika dia nggak mengalamatkan pernyataan pada inspirasi tetapi lebih kepada melawan demi karya yang udah diklaim.

Sumber: www.boredpanda.com

6Jeremy Scot menolak tuduhan plagiat oleh Gimnes dengan membagikan koleksi Moschino sebelumnya sebagai inspirasi.

Sumber: www.boredpanda.com

Ide kreatif nggak bisa diduga. Mungkin saja kedua desainer tersebut memiliki ide yang sama, sehingga karya mereka mirip. (ind/flk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here