idntimes.com

Rumah adalah tempat untuk pulang, beristirahat dan menikmati waktu-waktu berharga bersama keluarga. Namun, beberapa rumah dipercaya ditinggali sosok makhluk halus, yang tidak sekadar tinggal, tetapi juga suka mengganggu penghuni rumah tersebut. Tentu saja hal tersebut sangat tidak menyenangkan, memangnya siapa yang mau terus-terusan diganggu makhluk tak kasat mata? Mereka tidak bisa diusir dengan cara dipukul atau dipanggilkan polisi, tentunya hal ini menjadi sulit bagi penghuni rumah tersebut.

Namun, berdasarkan kepercayaan orang Jawa, ada beberapa cara untuk mengusir roh atau hantu yang berkeliaran di rumah. Seperti apakah itu? Berikut ini 5 langkah yang dapat kamu lakukan.

1Memelihara Angsa lalu Pendam Telurnya di Halaman Rumah

pixabay.com

Kamu pasti tahu angsa, bukan? Unggas yang mirip bebek tetapi berleher sangat panjang. Ketika angsa bersuara, dia akan menimbulkan bunyi yang memekakkan telinga, karena memang suaranya sangat keras. Ternyata, bunyi angsa inilah yang ditakuti para hantu. Mereka tidak suka suara angsa yang bising, sehingga tidak betah tinggal di rumahmu dan akhirnya pergi, deh.

Bukan hanya itu, jika angsamu bertelur tapi telurnya tidak menetas, kamu bisa menguburnya di depan rumah, alias di pekarangan. Katanya, telur angsa tersebut akan menjadi semacam pagar ghaib untuk rumahmu.

2Menaburkan Garam

hellosehat.com

Sudah sejak lama garam dipercaya dapat mengusir hantu. Mungkin karena berasal dari air laut, sehingga bisa menetralkan hal-hal magis di sekitarmu. Caranya, cukup taburkan garam ke sekeliling rumah. Efeknya, bukan hanya hantu yang kabur, ular pun tidak berani masuk ke rumahmu.

3Membeli Sapu Lidi

blogspot.com/

Ternyata, sapu lidi yang biasa digunakan menyapu pun punya fungsi untuk mengusir hantu. Namun, jelas tidak semua sapu lidi berfungsi demikian, sebab hanya sapu lidi yang berasal dari sebuah pohon aren yang satu batangnya jatuh. Konon, sapu lidi tersebut jadi punya kekuatan magis.

Sapu biasanya akan dikibas-kibaskan ke tempat-tempat yang ada hantunya. Bisa juga diletakkan di pojokan atas ruangan.

4Menanam Tulang Babi

alicdn.com

Tulang babi, terutam tulang rusuknya yang masih mentah, dipercaya bisa menangkal gangguan hantu jika ditanam di pekarangan rumah. Tentu saja, kamu harus menanamnya di empat penjuru, yaitu kanan kiri, depan belakang. Cara ini bisa kamu lakukan tiap 5 tahun sekali untuk menghindarkan rumah dari gangguan hantu kembali.

5Pakai Bawang Putih dan Bambu Kuning

resepkoki.id

Bawang putih dan bambu kuning juga dipercaya ampuh menangkal gangguan hantu di rumah. Caranya, tancapkan bambu kuning di dekat pintu atau jendela rumah. Kemudian beri juga rangkaian bawang putih di tempat yang sama. Konon, cara ini sangat ampuh mengusir makhluk halus.

Meskipun begitu perlu diingat, jika perlindungan terbaik dari segala ancaman di dunia dan akhirat adalah berasal dari Tuhan. Jadi jangan lupa berdoa, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here