Sumber : youtube.com

Setiap negara mempunyai etika dan cara makan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Etika makan di Indonesia tentu berbeda dengan etika makan negara di Eropa misalnya. Di Indonesia? kita lazim menggunakan tangan secara langsung untuk makan. Namn tahukah kamu di negara tertentu hal tersebut dianggap sangat tidak sopan. Sebelum bepergian ke luar negeri, kenali etika makan di negara tersebut. Seperti berikut ini, beberapa etika makan di sejumlah negara yang dilansir dari erabaru.net.

10Hongkong dan Tiongkok

Sumber : youtube.com

Jangan pernah membalik ikan yang kita makan saat berkunjung ke Tiongkok dan Hongkong. Hal tersebut dipercayai akan mendatangkan malapetaka dan nasib buruk. Habiskan ikan tanpa membaliknya, tapi bagaimana caranya ya ?

9Jepang

Image result for japanese eat rice
Sumber : adv.chiba-u.jp

Di negara Jepang dilarang keras menusukkan sumpit dalam posisi tegak ke dalam nasi saat kita makan. Hal tersebut dilakukan hanya dalam upacara pemakaman saja. Jika mau makan sebaiknya mengambil nasi dengan sumpit dalam posisi miring.

8Negara Timur Tengah

Related image
Sumber : bbc.co.uk

Di negara timur tengah, sama seperti halnya jiga di Indonesia, makan dengan tangan kiri ditentang. Hal tersebut dianggap tidak sopan, pembawa sial, dan juga karena tangan kiri diasosiakan untuk membersihkan sesuatu yang kotor.

7Thailand : Makan Jangan Pakai Garpu

Sumber : ImportFood.com

Saat berlibur dan makan di Thailand, pastikan jangan memasukkan makanan ke mulut dengan garpu. Jika mau, gunakanlah sendok. Wah ribet jug ya? kalau makan mie bagaimana tuh ?

6Brazil : Makan Pakai Token

Image result for token steak brazil
Sumber : yelp.com

Restoran steak di negara Brazil senantiasa tanpa henti menghidangkan makanan steak. Namun cara makan steaknya cukup unik, yaitu menggunakan token. Jika ingin makan, maka harus menunjukkan token berwarna hijau. Dan jika sudah selesai dan kenyang, maka harus mengembalikan token itu.

5Timur Tengah : Kocok Jika Sudah Minum Kopi

Image result for arabian man coffee
Sumber : shutterstock.com

Di warung kopi di negara Timur Tengah, ada etika unik saat minum kopi. Jika setelah minum kopi anda harus mengocok ampas kopi yang ada di gelas. Apabila tidak dilakukan, berarti anda meminta gelas kopi untuk diisi kembali.

4Chilli : Tidak Boleh Makan Pakai Tangan

Sumber : CompetitiveEating.com

Di negara Chilli dilarang keras menggunakan tangan secara langsung untuk makan. Gunakanlah pisau atau garpu saat makan di sana sekalipun kita hanya memakan kentang goreng.

3Italia : Jangan Minta Parmesan

Image result for italian chef eat pizza
Sumber : yahoo.com

Jangan sekali-kali meminta keju parmesan untuk ditambahkan di atas pizza. Di Italia hal tersebut dianggap sangat tidak sopan. Tindakan itu dianggap menghina juru masak yang menghidangkan pizza untuk kita.

2Meksiko : Dilarang Makan Tacos Dengan Garpu dan Pisau

Image result for man eat nachos
Sumber : reddit.com

Tacos merupakan makanan khas di Meksiko. Untuk menikmatinya, dianggap paling nikmat dengan menggunakan tangan secara langsung. Sebisa mungkin tidak menggunakan sendok dan garpu untuk menikmatinya.

1Italia : Capucino Hanya Pagi Saja

Related image
Sumber : videoblocks.com

Di negara Italia, capucino hanya diminum saat di pagi hari saja. Meminum capucino siang atau malam hari dipercaya akan membuat kita jadi sakit perut.

Itulah beberapa etika makan di sejumlah negara. Jadi sebelum berkunjung ke sebuah negara, kenali dulu budaya makan di sana supayakita tidak dicap negatif oleh masyarakatnya. Silahkan bagikan artikel ini jika cukup menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here