Sumber: en.wikipedia.org

Menjelang buka puasa, ragam takjil mulai dari kolak, teh manis, dawet, hingga jajanan lainnya begitu menggugah selera. Makanan pembuka tersebut memang dianjurkan untuk membatalkan puasa dan membiarkan sistem pencernaan bekerja sebagai pemanasan.

Kalau di Indonesia sih, takjilnya seperti yang disebutkan tersebut guys. Tapi kamu kebayang nggak jika tinggal di luar negeri? Tak perlu khawatir, sebab beberapa negara ini memiliki takjil khas yang benar-benar menggugah selera!

1Mansaf dan Qatayef – Yordania

Sumber: pingopi.com

Sebelum berbuka puasa rumah-rumah hingga kafe di Yordania menyediakan mansaf dan qatayef. Mansaf dibuat dari daging domba yang diberi bumbu rempah-rempah. Kamu bisa memakannya bersama nasi sebagai makanan inti, atau tidak sebagai pembuka.

Sementara qatayef hampir sama dengan pancake, hanya saja terbuat dari kayu manis yang diberi isian kacang kenari serta gula. Kalau ingin lebih nikmat maka lumurilah dengan madu.

2Kaak – Tunisia

Sumber: www.libaliano.com

Saat Ramadhan tiba, Kaak banyak ditemukan di pasar-pasar Tunisia. Berupa roti pipih yang memiliki bentuk seperti donat, kemudian dipanggang. Saat proses pemanggangan, makanan ini memiliki tekstur sangat keras. Namun setelah dingin akan lembut dan nyaman di lidah.

3Hummus – Lebannon

Sumber: en.wikipedia.org

Disebut-sebut sebagai makanan tertua di Mesir, hingga kini Hummus bisa ditemukan di Lebannon apalagi saat bulan Ramadhan. Terbuat dari tahini, air lemon, minyak zaitun, bawah putih, garam, lentini serta kacang arab yang dihaluskan, kudapan takjil ini memberikan citarasa yang enak bukan main. Teksturnya yang creamy ramah di lambung.

4Sawine – Tobago

Sumber: en.wikipedia.org

Meski berada di benua Amerika, namun mayoritas penduduk Tobago beragam muslim. Mereka memiliki makanan takjil khas yang mudah ditemukan saat buan Ramadhan, yakni Sawine. Berupa bihun yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan. Sementara kuahnya dibumbui dengan jahe dan kayu manis. Gimana rasanya, ya?

5Harira – Moroko

Sumber: hrneckuvar.cz

Kalau di Indonesia ada kolak, maka di Marokko ada Harira. Serupa tapi tak sama, makanan ini justru terbuat dari daging domba cincang, yang kemudian dicampur dengan tomat, kayu manis, ketumbar, kemiri, peterseli, bawang dan chickpea. Kelezatannya makin terasa manakala ditambah dengan miju.

Bikin menelan ludah ya ragam takjil di atas. Kamu mau coba yang mana dulu nih? (ind/flk)

Source: Shopback.co.id

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here