Sumber: bigthink.com

Tuhan menciptakan segala sesuatunya dengan sangat sempurna. Bumi beserta isinya diciptakan untuk kelangsungan hidup makhlukNya. Kemudian satelit yang berfungsi sebagai pelindung dan radar. Matahari sebagai penerang dan pembagi waktu. Hingga planet-planet lainnya untuk keseimbangan alam semesta.

Tapi pernah tidak kamu membayangkan bila Matahari tak lagi bersinar? Lalu, apa yang terjadi pada dunia yang kita tinggali ini? Mungkin akan susah dibayangkan, tapi kamu bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

1Hancurnya atmosfer bumi

Sumber: keepo.me

Tidak ada matahari berarti tidak ada panas. Maka dampak yang ditimbulkan ialah samudera membeku hingga mencapai suhu-400 derjat Fahrenheit. Efek lebih lanjut yakni atmosfere bumi yang berfungsi melindungi akan hancur.

2Air laut membeku

Sumber: niwa.co.nz

Menurut penelitian, jika matahari tak menyinari bumi dalam jangka waktu dua bulan saja maka akan berakibat fatal pada perairan, dan habitatnya. Seluruh permukaan laut akan membeku. Sementara hewan-hewan di dasar kemungkinan masih bisa bertahan karena suhunya lebih hangat. Namun organisme yang biasanya hidup di dekat permukaan turut mati.

3Manusia mencari cara untuk bertahan hidup

Sumber: niwa.co.nz

Jika matahari tak lagi menyinari bumi, maka manusia hanya bertahan dalam hitungan minggu hingga bulan saja. Mereka akan mencari cara untuk bisa melangsungkan kehidupan yang diduga pada akhirnya menggunakan kapal selam untuk mencari kehangatan di dasar laut.

4Mikroorganisme akan semakin berkembang

Sumber: steemit.com

Mikroorganisme memiliki habitat di kerak bumi. Kehidupan mereka akan terancam bila panas dari matahari menyengat. Namun jika sumber energi tersebut padam, maka hewan-hewan tak terlihat, bakteri, amoba dan jenis mikroba lainnya akan semakin berkembang biak. Sudah barang tentu akan mengancam kehidupan manusia serta makhluk hidup di muka bumi pula.

5Suhu bumi turun drastis

Sumber: borneochannel.com

Terhitung dua bulan jika sinar matahari tidak menyinari bumi, maka suhu akan turun mencapai -190 derajat Fahreinheit. Sehingga dalam waktu satu tahun, hitung saja enam kali lipat dari suhu tersebut. Maka seluruh kehidupan di dunia ini akan beku, dan tak ada lagi makhluk hidup yag mampu bertahan.

Segala sesuatunya memang telah diciptakan dengan sempurna. Sehingga, kondisi saat ini memang ideal dengan kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. (ind/flk)

Source: Borneo Channel

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here