Sumber: flickr.com

Bulan Ramadhan penuh Barokah. Sang Pencipta tak segan memberikan pahala serta karunia kepada umat muslim yang banyak melakukan kebaikan. Selain menahan rasa lapar dan dahaga, mereka juga perlu berbuat amalan-amalan untuk menambah catatan baik.

Selain berpuasa, 7 amalan ini wajib banget kamu lakukan agar kembali menjadi manusia yang bersih. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1Bersedekah

Sumber: nakbebel.com

Islam mengajarkan umatnya untuk berbagi kepada sesama. Bersedakah tidak harus memberikan seluruh harta, namun menyisihkannya untuk mereka yang membutuhkan. Jika amalan baik ini dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah SWT akan melipat gandakan rezekinya dan terbebas dari api neraka.

2Membaca Al-Qur’an

Sumber: aboutIslam.net

Membaca kitan suci Al-Qur’an memang perlu dilakukan setiap hari. Namun saat bulan Ramadhan terasa lebih istimewa karena bulan ini pertama kalinya kitab suci agama Islam diturunkan ke bumi.

Oleh sebab itu, Yang Maha Kuasa memerintahkan kepada setiap umatnya untuk gencar membaca serta memahami isi Al-Qur’an. Sebab satu huruf yang dibaca dihitung dengan satu kebaikan.

3Salat Wajib 5 Waktu

Sumber: abiummi.com

Salat merupakan tiang agama. Allah memerintahkan umatnya untuk terus menegakkan salat wajib lima kali sehai dengan tepat waktu. Tak hanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, satu rakaat ibadah lebih berkah dari seribu rakaat di bulan lainnya.

4Salat Tarawih

Sumber: prelo.co.id

Saat bulan Ramadhan, umat muslim mendapatkan tambahan perintah yaitu menegakkan salat tarawih. Sebaiknya lakukan perintah ini di masjid, berjamaah bersama dengan saudara muslim lainnya. Dengan begitu sama saja dengan menjalin silaturahmi.

5Berdzikir

Sumber: yadim.com.my

Tidak di bulan Ramdhan, berdzikir bahkan bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Namun di bulan penuh barakah ini haruslah memperbanyak dzikir karena lebih baik dari seribu tasbih di bulan lainnya.

6I’tikaf

Sumber: informazone.com

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya malam Lailatur Qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut datang 10 hari menjelang berakhirnnya Ramadhan. Diyakini bila keistimewaan itu datang pada malam ganjil.

Allah akan memberikan pahala berlipat ganda membebaskan dari api neraka bagi siapa yang berbuat baik, dan i’tikaf di masjid. Memfokuskan kepada Sang Pencipta merupakan kunci mendapatkan magfiroh dari Lailatu Qadar.

Mari perbanyak kebaikan di buan suci Ramadhan ini! (ind/flk)

Source: Shopback.co.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here