Sumber: www.rumahmesin.com

Usai berpuasa selama sebulan penuh, Idul Fitri menyambut sebagai tanda dari lahirnya kembali seorang manusia. Mereka diibaratkan tanpa dosa layaknya bayi yang baru saja dilahirkan. Bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan di Hari Raya merupakan hal wajib bagi umat Islam.

Di hari kembali ke fitri, identik dengan baju baru yang merupakan simbol dari kebersihan hati dan menjadi manusia yang baru. Tak lupa aneka hidangan khas lebaran , seperti opor ayam dan ketupat sayur juga disajikan. Tidak hanya itu, tamu yang datang juga disuguhkan dengan aneka kue kering yang enak.

Sambut lebaran sembari mempersiapkan 5 kue kering yang jadi ikon Idul Fitri berikut ini, yuk!

1Kastengel

Sumber: www.tokopedia.com

Kue satu ini merupakan primadona dari Idul Fitri. Bahkan sebagian besar rumah menyiapkan Kastengel sebagai camilan ringan, lho. Rasanya yang gurih berasal dari susu, yang di-mix dengan keju. Sehingga menjadikan teksturnya begitu lembut dan nyaman di lidah.

Kue ini memiliki komposisi yang sebagian besar adalah keju. Baik untuk adonan maupun taburan di atasnya. Sebaiknya, gunakanlah keju tua dan susu berkualitas agar aromanya semakin terasa dan memperoleh kelembutan sempurna.

2Nastar

Sumber: www.bukalapak.com

Selain Kastengel, ada Nastar yang menjadi kue wajib saat Lebaran. Kue satu ini juga dibuat dengan adonan keju sebagai kulit dan diisi dengan selai nanas. Teksturnya lembut, dan isian begitu lumer di mulut.

Jika kastengel lebih dominan asin, sementara nastar memiliki rasa yang lebih manis. Alangkah lebih baik bila selai dibuat sendiri. Sebab selai dalam kemasan biasanya bertekstur lebih lembek dan terlalu berair.

3Putri Salju

Sumber: www.beritainfo.web.id

Terinspirasi dari butiran putih lembut, kue putri salju dibuat dengan taburan gula halus berwarna putih sehingga bentuknya mirip dengan salju. Tekstur dari kue putri salju sangatlah halus melebihi nastar dan kastengel. Sehingga saat dimakan langsung lumer di mulut. Terlebih gula halus memberikan sensasi dingin dan nyes.

4Choco Chips

Sumber: chocolatewithgrace.com

Kue kering choco chips memiliki bentuk bundar tak beraturan dengan coklat choco di atasnya. Biasanya dibuat dengan tekstur krispi yakni dengan tambahan kacang halus. Kue ini dibuat dengan mentega yang banyak sehingga alangkah lebih baik bila disimpan dalam kulkas untuk menghindari hancur.

5Kue Jahe

Sumber: ef.co.id

Nah bagimu kamu penggemar olahan rempah, maka kue jahe adalah ide yang tepat untuk menemani waktu Idul Fitri. Jajanan kering ini terbuat dari cengkeh, kayu manis, cengkeh, gula palem hingga kapulaga. Rasanya yang khas, aromanya yang wangi benar-benar menyatu di mulut.

Kue Idul Fitri manakah yang menjadi favoritmu, guys? (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here