Sumber: www.hindustantimes.com

Kemenangan Perancis di Piala Dunia 2018 sebenarnya sudah banyak yang memprediksi. Tim Didier Deschamps ini memiliki benteng pertahanan yang kuat. Terlihat banget saat bertanding, mereka lebih siap baik dari fisik, performa dan mental. Nggak ayal kalau musuh pun susah banget untuk menembus gawangnya.

Semua itu nggak luput dari jasa dari seorang pelatih beken, Didier Deschamps. Pria 49 tahun ini memutuskan untuk menjadi France National Football Team sejak tahun 2012. Namun sebelum itu ternyata ia merupakan salah satu orang yang berjasa pada kemenangan Perancis pada Piala Dunia 1998.

Tercatat, Deschamps merupakan orang ketiga yang berhasil menjadi pemain sepakbola hingga jadi juara World Cup sekaligus sebagai pelatih yang memboyong timnya jadi juara. Nah, lainnya siapa aja sih?

1Mario Zagallo

Sumber: www.dnaindia.com

Mario Zagallo adalah salah seornag peman sepakbola lawas yang membawa Brazil pada kemenangan pada Piala Dunia 1958 dan 1962. Delapan tahun setelah itu, ia kemudian memutuskan untuk menjadi pelatih tim nasional Brazil dan membuat timnya tersebut menang pada World Cup 1970 di Mexico.

Sejak saat itu selain dinobatkan sebagai pemain terbaik, Mario Zagallo juga disebut-sebut sebagai pemain terbaik karena bisa membawa timnya pada puncak kejayaan.

2Franz Beckenbauer

Sumber: www.fourfourtwo.com

Pada tahun 1974, Franz Beckenbauer turut menjadi pemain yang mengantarkan tim nasionalnya pada kemenangan di World Cup. Usai kalah dalam final World Cup 1986, mantan Kapten Jerman itu memutuskan untuk menjadi pelatih.

Seolah balas dendam akan kekalahan empat tahun silan, tepatnya pada World Cup 1990 Argentina nggak dibiarkan berkutik sama sekali dengan total gol tunggal dari Jerman. Prestasi luar biasa ini disebut-sebut berkat Franz yang melatih anak didiknya.

Sejarah kembali mencatat, bila mantan pemain hebat kini membawa anak didiknya sebagai juara. Siapakah pemain berbakat yang bakal menjadi pelatih dari sang juara selanjutnya? (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here