boombastis.com

Setiap daerah memiliki cara unik tersendiri untuk melakukan ritual pemakaman. Ada yang biasa-biasa saja, tetapi tidak sedikit pula yang sangat aneh dan menakutkan. Contoh mudahnya adalah ketika kamu pergi ke Tana Toraja, kamu akan mendapati bahwa cara menguburkan mayat di sana berbeda dengan masyarakat Indonesia kebanyakan.

Hal ini juga berlaku bagi orang yang tinggal di Fiji, yaitu sebuah negara terpencil yang juga merupakan bekas jajahan Inggris. Meskipun kini Fiji dikenal sebagai tempat wisata yang menarik, rupanya masyarakatnya dahulu punya ritual mengerikan seputar kematian.

Ritual tersebut adalah ritual pencekikkan. Seperti apa detilnya? Berikut ini ulasannya.

1Filosofi Kematian dan Awal Mula Ritual Pencekikkan

vavephd.files.wordpress.com

Ketika membahas kematian, setiap orang punya keyakinannya sendiri-sendiri. Beberapa menganggap bahwa mati adalah akhir dari segalanya, tetapi sebagian yang lain berpikir bahwa kematian adalah awal mula kehidupan. Hal demikian juga yang dipercaya penduduk Fiji. Kematian adalah awal dari seseorang untuk memasuki dunia yang baru.

Hal ini juga yang menyebabkan mereka percaya bahwa orang mati harus ditemani, dan atas dasar itu tadi, ritual pencekikkan pun dilakukan. Supaya nanti keluarga yang mati tersebut mendapat teman di alam sana.

2Bagaimana Proses Memilih Keluarga yang Akan Dicekik?

boombastis.com

Tidak ada aturan baku bagaimana kriteria orang yang akan menemani si meninggal ini. Namun, ada satu pakem yang dianut, yaitu mereka yang paling dekat dengan almarhum lah yang akan dipilih untuk dicekik. Merasa was-was? Mungkin. Sebab, tidak ada orang yang mau meninggal begitu saja, kan? Namun karena ini adalah tradisi, mau bagaimana lagi. Mungkin saja keluarga tersebut iklas melakukannya.

3Cara Melakukan Ritual

boombastis.com

Ketika nama sudah terpilih, maka orang yang akan dicekik ini tinggal bersiap-siap. Kemudian satu atau dua orang akan mencekiknya sampai mati. Bisa menggunakan tangan langsung atau memakai kain. Ketika orang tersebut meninggal, jenazahnya akan dirawat dan dikuburkan bersama jenazah sebelumnya.

4Apakah Ritual Ini Masih Ada?

myfiji.com

Tampaknya dengan perkembangan zaman yang pesat, ritual ini pun dihapuskan. Mungkin orang-orang sudah sadar bahwa hal tersebut cukup kejam dan mengerikan dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here