theworldnews.net

Bagi siapapun yang menjalani hidup bersama dengan manusia yang lain, pertengkaran yang di akibatkan oleh kesalahan memang tak bisa di hindari. Semua orang di bumi ini pasti pernah bertengkar bahkan sampai menyimpan dendam pada orang lain bukan? mungkin saja itu termasuk kamu.

Mendendam terhadap seseorang setelah di teliti ternyata memiliki banyak dampak buruk atau dampak negatif terhadap diri lho. Selain membuat kita kurang produktif akan banyak juga perasaan tidak perlu yang bakalan membuat kamu terpengaruh dan membuatmu kurang percaya diri. Kamu mau tau apa aja?

1Adanya perasaan kurang tenang dan kegelisahan pada diri

sistacafe.com

Di saat kamu membenci seseorang, perasaan negatif pasti akan selalu menyelimuti setiap inci dari emosimu pada saat itu. Meski secara alam sadar kamu tidak terlalu memperhatikannya, tetapi secara tidak sadar perasaanmu sedang bercampur aduk di karenakan oleh fenomena benci tersebut. Perasaan kurang tenang dan gelisah akan terus menghantuimu selama kamu masih menyimpan dendam kepada seseorang.

2Sulit untuk merasa bahagia

www.loop.co.id

Seseorang yang sedang menyimpan dendam kepada seseorang secara psikologis akan berlaku tidak nyaman atas semua kesenangan yang dia rasakan. Fenomena benci akan menyelimuti setiap perasaan ketika sedang mengambil tindakan terhadap apapun. Untuk itu, mereka yang sedang menyimpan rasa dendam akan sangat sulit untuk merasakan bahagia.

3Iri terhadap kebahagiaan orang lain

theworldnews.net

Orang yang sedang menyimpan rasa dendam terhadap orang lain akan merasa iri dengan kebahagiaan yang di miliki oleh orang lain di karenakan oleh pemikiran yang sedang di liputi oleh perasaan yang kurang menyenangkan.

4Membuang-buang waktu berhargamu

isigood.com

Bisa di bilang ini adalah poin kerugian paling realistis. Memendam perasaan dendam terhadap orang lain bukan hanya akan menumpulkan pemikiran sehat saja, tetapi juga akan membuatmu rugi terhadap semua waktu yang kamu habiskan untuk perasaan-perasaan yang tidak perlu, itu hanya akan berdampak negatif untukmu.

5Sakit hati yang berkepanjangan

yandex.com

 

Menyimpan dendam adalah perkara yang cukup berbahaya. Bahkan ada kasus dendam yang memakan waktu sampai puluhan tahun guys. Bayangkan kerugian yang di alami yang di akibatkan oleh perasaan sakit hati yang berkepanjangan tersebut. Dari pada mendendam lebih baik kita saling memaafkan mulai dari sekarang, toh perasaan tersebut hanya akan menyita waktu dan energi saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here