Sumber: xuatkhaulaodongnb.com

Kemampuan otak masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang lebih menggunakan otak kiri dalam berpikir ada pula yang dikendalikan oleh otak kanan. Namun keduanya tetap bersinergi mengontrol seluruh tubuh.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat seseorang lebih nyaman menggunakan salah satu bagian tangannya untuk beraktivitas, salah satunya adalah tangan kiri. Dilansir dari mnn.com, fenomena kidal hanya terjadi 10 persen dari populasi manusia di bumi ini. Meski di beberapa negara kebiasaan ini dianggap aneh, namun para ilmuwan tak hentinya menganalisis mengenainya.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu left-handed people, ketahui fakta menariknya berikut ini!

1Stres saat kehamilan

Sumber: hellosehat.com

Dalam sebuah studi di Inggris, janin wanita hamil yang mengalami stres lebih cenderung menyentuh wajahnya dengan tangan kiri dibanding tangan kanan. Hal ini bisa menjadi pertanda anak kidal.

Bukti lainnya datang dari studi di Swedia tentang ibu dan anak-anak mereka yang berusia 5 tahun. Wanita yang selama kehamilannya cenderung stres memiliki anak campuran atau kidal. Bayi juga lahir dengan berat badan lebih rendah.

2Memiliki kemampuan sama dengan orang tangan kanan

Sumber: www.dailymail.co.uk

Fakta membuktikan bila orang yang kerap menggunakan tangan kanan dikendalikan oleh otak kiri, yang mana lebih jago dalam proses bahasa. Namun tidak demikian dengan orang kidal yang lebih dikendalikan oleh otak kanan.

Seperti dilansir dari cnn.com, menurut Gina Grimshaw, PhD, direktur Cognitive and Affective Neuroscience Laboratorium di Universitas Wellington menyatakan bila 98% dari tangan kanan dikendalikan oleh otak kiri. Namun hanya 30% orang kidal yang dikendalikan oleh otak kanan.

Sehingga sama halnya dengan orang tangan kanan, kidal juga bisa memproses bahasa dengan baik. Bahkan mereka juga memiliki kemampuan bermusik, berhitung, dan berolahraga yang sama.

3Jago matematika

Sumber: www.maghrebvoices.com

Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuanyang bagus dalam berhitung. Namun orang kidal nyatanya lebih jago matematika. Menurut sebuah penelitian di tahun 2016, yang mana 2.300 siswa usia 6 hingga 17 tahun diberi soal matematika. Hasilnya, 10 persen dari anak-anak tersebut yang ternyata kidal memiliki skor tertinggi.

Hal tersebut juga pernah dituliskan dalam jurnal Neuropsychology yang menyebutkan bahwa orang kidal memiliki koneksi otak kanan dan kiri yang lebih cepat. Mereka pun beranggapan bila fenomena ini sangat bermanfaat di bidang olahraga dan teknologi informasi.

4Rentan alergi, migrain dan beberapa penyakit

Sumber: www.meetdoctor.com

Orang kidal memang lebih istimewa. Mereka juga memiliki kemampuan yang sama dengan orang tangan kanan. Namun sebuah penelitian menemukan bila mereka cenderung rentan alergi. Kemudian New York Times juga melaporkan bila para left-handed lebih mudah migrain, menderita penyakit autoimun, hingga kemampuan berbicara gagap.

5Lebih jago olahraga

Sumber: www.goduke.com

Kalau kamu perhatikan, para pemain bisbol cenderung menggunakan tangan kiri saat bermain. Ternyata hal ini pernah dilakukan sebuah studi di Northwestern University. Para peneliti menemukan bahwa orang kidal memiliki keseimbangan dalam mengontrol tubuh, sehingga mereka lebih mudah melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga.

Kalau kamu termasuk orang yang sering menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas, mulai kini tak perlu minder lagi guys. Sebab setiap manusia diciptakan dengan kemampuan khusus. Be your self! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here