Sumber: makfax.com.mk

Lombok kembali diguncang gempa pada Minggu malam pukul 19.46 WITA. Guncangan tersebut lebih besar dari sebelumnya, yakni 7.0 skala richter. Akibatnya banyak bangunan yang rusak, dan korban meninggal dunia mencapai 89 orang.

Nggak hanya itu, guncangan kuat tersebut sampai ke Bali dan Jawa bagian timur. Menurut laporan, pusat gempa terletak di kedalaman 15 km, 8, 37 lintang selatan dan 116,48 bujur timur.

Bukan pertama kalinya Indonesia diguncang gempa, Sejak ribuan tahun lalu, nusantara merupakan wilayah yang rawan akan gempa. Nggak cuma karena banyaknya gunung api, namun juga beberapa faktor. Apa saja?

1Lempeng kerak bumi

Sumber: nasionalisme.co

Dalam ilmu geologi, lempeng kerak bumi disebut juga dengan plate tectonics atau terori tektonika. Lempeng kerak bumi terdapat di dasar laut, yang mana sewaktu-waktu dapat mengalami pergeseran yang mengakibatkan apapun di atasnya ikut terguncang.

2Bagian lempeng kerak bumi

Sumber: de.wikipedia.org

Lempeng tektonik sendiri terdiri dari beberapa lapisan, yakni mayor dan minor. Nah, lempeng utama atau mayor dibagi lagi menjandi tujuh bagian, yakni:

Lempeng Pasifik terletak di seluruh samudera, meliputi Samudera Pasifik.

Lempeng Eurasia meliputi benua Asia dan Eropa.

Lempeng Australia meliputi benua Australia. Pada 55 juta tahun lalu gabung dengan lempeng India.

Lempeng Afrika meliputi benua Afrika.

Lempeng Amerika Utara meliputi seluruh Amerika Utara dan Siberia Timur Laut.

Lempeng Amerika Selatan meliputi seluruh Amerika Selatan.

Lempeng Antartika merupakan yang paling luas, meliputi seluruh Antartika yang terdiri dari Lempeng Karibia, Lempeng Filipina, Lempeng Nasca, Lempeng Cocos, Lempeng Scotia, Lempeng Arab.

3Lempeng Pasifik paling aktif

Sumber: www.indopos.co.id

Lempeng-lempeng yang berada di dasar bumi bergerak setiap tahunnya. Namun Lempeng Pasifik merupakan yang paling aktif. Nggak ayal kalau dijuluki The Ring of Fire. Panjangnya mencapai 40.000 kilometer yang meliputi Chili, Jepang, seluruh Asia Tenggara. Sementara itu, negara-negara yang dilewati oleh cincin api ini memiliki banyak gunung api yang dapat meletus sewaktu-waktu dan memicu terjadinya tsunami.

4Gempa paling banyak di Ring of Fire

Sumber: www.piah.com

Aktif hampir setiap tahun bahkan bulan, 80 persen gempa bumi terjadi di wilayah yang dilewati oleh cincin api. Sementara itu sebanyak 17 persen terjadi di seluruh dunia. Sisanya terjadi di daerah Alpen-Himalaya.

Jadi sekarang paham ya guys kenapa Indonesia sering banget terjadi gempa. Itu karena negara kita dilalui oleh Ring of Fire yang bergerak hampir setiap saat. (ind/flk)

Sumber: tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here