http://animasia-studio.com

Tidak hanya Jepang dan Amerika yang banyak memproduksi animasi-animasi keren. Industri ini tampaknya mulai dilirik berbagai negara, mulai dari China, Korea Selatan, India, dan bahkan Malaysia.

Di Indonesia sendiri cukup banyak produksi animasi malaysia yang diputar di saluran televisi swasta, dan rata-rata memang populer di kalangan anak-anak, remaja, bahkan sampai orang dewasa. Hal ini membuktikan bahwa Malaysia mulai menanjak dalam hal pembuatan animasi. Alasan lainnya mengapa produksi animasi Malaysia mudah diterima adalah karena kontennya yang menarik serta grafisnya yang bagus. Selain itu, dialog serta bahasa malaysia yang kental pun ternyata dapat dimengerti sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kalau kamu tertarik dengan animasi-animasi produkan Malaysia yang recomended banget untuk dinikmati, coba tilik judul-judul berikut ini.

1Upin dan Ipin

topmetro.news

Inilah animasi Malaysia yang paling populer di Indonesia. Siapa yang tidak kenal duo kembar plontos yang suka berpetualang ini. Bahkan gara-gara mereka, hampir setiap kembar dijuluki Upin-Ipin. Paha ayam goreng pun sampai diberi nama ayam Upin-Ipin. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh animasi ini sangat besar baik di Malaysia maupun Indonesia. Tidak heran jika di tahun 2007 dalam sebuah ajang Kuala Lumpur International Filem Festival, Upin Ipin pun mendapat penghargaan sebagai animasi terbaik.

Lalu, mengapa animasi ini sangat disukai berbagai kalangan? Karena kontennya sederhana, menarik dan memberi pengajaran dengan cara yang tidak begitu menggurui. Para tokohnya pun punya kepribadian yang sangat menonjol, sehingga memberi kesan yang kuat pada penonton.

2BoboiBoy

star2.com

Animasi bertema super hero satu ini juga tidak hanya populer di Malaysia tapi juga di Indonesia dan internasional. Menceritakan tentang BoboiBoy yang memiliki kekuatan super, bersama teman-temannya mereka berusaha menghalangi Adudu, si alien yang berusaha menguasai coklat.

BoboiBoy juga dibuat tidak hanya memakai bahasa Melayu tapi juga bahasa Inggris untuk fans luar negeri. Berkat kepopulerannya dan kontennya yang menarik, animasi ini pun mendapat 3 penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah Karyawan Animasi. Tiga penghargaan tersebut meliputi kategori, Best Animation Script, Best Voice Acting dan juga Best Theme Music.

3Bola Kampung

http://animasia-studio.com

Kalau yang satu ini merupakan animasi sepak bola yang sangat seru. Menceritakan tentang Iwan dan teman-temannya yang suka bermain sepak bola di kampung mereka, yaitu kampung Gong Lechar. Hingga akhirnya anak-anak tersebut dilatih oleh Abdul Rahman yang berusaha membawa mereka menjadi pemain tim nasional.

4Mask Master

buykorea.org

Mask Master adalah animasi asli asal Malaysia yang digarap oleh dua rumah produksi sekaligus. Yaitu rumah produksi Mirayi Sdn Bhd dari Malaysia dan Studio Wbaba dari Korea Selatan. Tidak heran jika animasi ini bisa ditonton di channel televisi Korea Selatan. Bahkan animasi ini memiliki adaptasi game yang bisa kamu mainkan. Animasi ini juga menjadi animasi Malaysia pertama yang bisa tayang di saluran televisi Hong Kong.

5War of the Worlds: Goliath

mojaloss.net

Tidak hanya kisahnya yang seru dan menegangkan, War of the Worlds: Goliath juga punya grafis 3D yang luar biasa. Bukan menggunakan 3D pada umumnya, tetapi memakai stereoskopik 3D. Animasi ini pun akhirnya bisa menembus event San Diego Comic Convention dan mengalahkan animasi populer seperti Madagascar 3 dalam kategori Best 3D Animation Feature di ajang Festival Film 3D di Los Angeles.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here