Sumber: callind.com

Saat telepon genggam baru saja diciptakan, masyarakat berbondong-bondong beralih kepadanya. Pengguna bisa melakukan beragam aktivitas dengan mudah, seperti mengirim pesan singkat, telepon dua arah secara langsung, bermain game sederhana, hingga mendengarkan radio.

Namun kemudian inovasi di bidang teknologi terus dilakukan, hingga terciptalah smartphone yang lebih lengkap dan canggih. Dengannya, user bisa mengunggah beragam aplikasi yang memudahkan aktivitas sehari-hari, seperti media sosial, situs jual beli, Ms Office, mesin pencari, dan lain sebagainya.

Salah satu yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia adalah WhatsApp, yakni aplikasi chatting yang lebih simpel dan ringkas bila dibandingkan dengan lainnya. Melalui aplikasi ini, mereka pun mulai beralih dari mengirim pesan singkat dan telepon dengan pulsa karena bisa mengirimkan pesan secara langsung, telepon dua arah, video call, mengirim dokumen, gambar, lagu dan lain sebagainya dengan internet.

Terciptanya aplikasi tersebut kemudian menjadikan para developer lain mulai mengembangkan ide-ide brilian lain, salah satunya Indonesia. Disebut-sebut akan saingi WhatsApp, aplikasi lokal ini wajib banget kamu download di PlayStore, guys!

1Catfiz

Sumber: www.maxmanroe.com

Catfiz merupakan media sosial yang fokus pada layanan chatting yang dikeluarkan oleh PT Dunia Catfish Kreatif Media. Didirikan oleh Mochammad Arfan, developer Surabaya, aplikasi ini berasal dari kata Catfish yang artinya ikan lele.

Dengan tampilan mirip WhatsApp, user bisa berbagi konten di timeline dan memberikan like pada unggahan pengguna lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membagikan video, foto, audio, hingga file seperti layaknya di Instagram.

Jadi, tunggu apalagi guys, yuk unduh di PlayStore sekarang juga!

2Callind

Sumber: www.toptier.id

Indonesia memang memiliki banyak anak bangsa yang berpotensi dan kreatif. Seperti baru-baru ini, seorang wanita bernama Novi Wahyuningsing, gadis asal Kebumen menciptakan sebuah aplikasi yang akan menjadi pesaing WhatsApp bernama Callind, Indonesia Memanggil.

Bertepatan dengan Hari Kartini 2018, aplikasi tersebut resmi diluncurkan dengan beragam fitur. Seperti, private chat, komunitas, voice chat, mengirim file, foto, video, panggilan dua arah, video call hingga promo produk.

Nah, kalau kamu sudah mengunggah aplikasi ini di Playstore, maka akan langsung merasakan atmosfer layaknya aplikasi buatan luar negeri. Padahal Indonesia punya, nih.

Well guys, yuk cinta produk lokal dengan menggunakan aplikasi buatan anak bangsa! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here