Sumber : brillio.net

Salah satu moda transportasi yang masih menjadi favorit adalah mobil angkot. Hal ini karena tarifnya yang murah dan trayeknya yang banyak. Menjadi sopir angkot ternyata bukan pekerjaan yang mudah. Harus ada keahlian yang dimiliki supaya bisa jadi pro. Berikut ini kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang supir angkot.

Kemampuan Menghitung Super Cepat

Sumber : www.otopedia.com

Saat penumpang membayar ongkos dengan uang dengan nominal besar, kemampuan supir diuji. Dengan kembalian recehan, Ia harus cermat menghitung kembalian di tengah klakson mobil di belakang yang mulai berisik. Salah kembalian, bisa jadi rugi deh !

Skill Mengemudi Di Atas Rata-Rata

Sumber : tribunnews.com

Kadang ada pengemudi yang minta berhenti tiba-tiba. Nah, di sinilah skill mengemudinya harus diuji. Belok kiri dan berhenti dengan cepat tanpa membahayakan mobil di belakangnya tentunya butuh kemampuan yang pro banget.

Pintar Membuat Alasan

Sumber : tribunnews.com

Saat penumpang masih kosong banget tapi ada satu penumpang minta buru-buru berangkat, di sinilah sang supir harus pintar membuat alasan. Supaya penumpang nggak kabur, biasanya dia akan bikin alasan ‘satu lagi berangkat’. Ternyata sudah masuk satu pun masih nunggu lagi dan si abang bilang ‘satu lagi berangkat’. Sampai kursi penuh baru deh berangkat !

Kemampuan Hitung Penumpang

Sumber : klikpositif.com

Seringkali penumpang yang masuk adalah rombongan. Saat itu terjadi, sang supir harus jeli memperhatikan dan menghitung uang yang dibayar. Seringkali karena kolrktif, malah jika dihitung ongkosnya kurang. Kalau sudah begini jadi rugi deh kang angkotnya?

Kemampuan Modifikasi

Sumber : brillio.net

Untuk menarik penumpang, penampilan mobil angkotpun juhga harus kelihatan ‘ganteng’. Nah, kemampuan modifikasi atau ide modifikasi supir angkot mulai diuju. Dengan pemilihan stiker dan modifikasi yang oke, mata calon penumpang akan muda melihat dan memilih angkotnya.

Skill Kuat Bergadang

Sumber : tribunnews.com

Kalau kamu tidak kuat begadang, jangan coba deh jadi supir angkot. Hal ini karena angkot juga seringkali ‘narik’ di malam hari. Pada beberapa kesempatan misalnya ada konser atau nonton baerng, calon penumpang justru banyak di malma hari.

Memanage Uang

Sumber : www.tribunnews.com

Jadi supir angkot juga harus pintar mengatur keuangan. Dengan uang yang masuk dari penumpang, harus bisa membagi pos untuk keluarga, beli bensin, setor ke pemilik angkot, dan biaya tak terduga misalnya dari ‘pak ogah’ atau calo penumpang.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki supir angkot. Semoga semua angkot di Indonesia makin sejahtera dan makin aman serta nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here