Sumber: marcuspearce.com.au

Pernah tidak kamu merasa terusik lalu bergumam dalam hati? Atau mungkin menginginkan sesuatu namun tapi mengungkapkan, jadi bicara dengan diri sendiri? Yup, bicara dalam hati memang tak bisa lepas dari keseharian manusia. Bahkan ketika sendirian pun, aktivitas ini kerap kali dilakukan.

Sebenarnya apa sih bicara dalam hati itu? Apakah normal? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1Refleksi emosi

Sumber: fitnessontherun.net

Seperti dilansir dari Kompas.com, selama otak manusia bekerja maka aktivitas berbicara sendiri dengan batin kerap kali dilakukan. Saat manusia merasa marah, kacau, menginginkan sesuatu, hingga berdoa, namun ingin meredamnya maka cara yang dilakukan adalah dengan berbicara sendiri.

Hal ini merupakan hal yang wajar saja terjadi. Sebab berbicara dengan batin sebenarnya merupakan cara untuk merefleksikan emosi. Misal kita rindu pada seseorang. Jika dibicarakan secara langsung, maka akan lebih menggebu-gebu dan melupa-luap. Sedangkan berbicara dengan batin merupakan solusi untuk lebih dari emosi.

2Bisa juga terkait persoalan psikologi

Sumber: indonesiana.tempo.co

Bicara dalam hati merupakan hal yang baik. Hal tersebut juga merupakan aktivitas refleks setiap orang. Namun jika ditemukan secara berlebihan, maka bisa jadi hal terbut terkait dengan persoalan psikologis.

Berbicara sendiri dengan intensitas yang berlebihan bahkan hingga menimbulkan kekacauan atas diri sendiri perlu perhatian khusus. Solusi kecilnya bisa melakukan meditasi, seperti yoga untuk me-refresh otak dan belajar fokus. Namun jika hal tersebut saja masih saja mengganggu pikiran, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan psikolog.

3Memulai self-talk positif

Sumber: www.caba.org.uk

Pernahkah kamu merendahkan diri sendiri dengan berbicara pada batin? Misal saja, “Aku tidak pernah berhasil”, “Aku selalu kalah”,”Aku tidak bisa melakukan hal itu”. Sebenarnya apa yang kita batinkan mendorong otak dan pada akhirnya seluruhnya terkontrol oleh pemikiran negatif. Oleh sebab itu, berbaiklah pada diri sendiri dengan memulai self-talk positif.

Kesehatan mental penting untuk keseulurhan tubuh. Pikiran yang sehat akan membawamu pada hari-hari yang menyenangkan. (ind/flk)

Source: Kompas

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here