Fourlook – Ramadhan adalah bulan suci yang juga dikenal sebagai bulan puasa. Puasa dikenal sebagai “صوم” dalam Al-Quran yang secara harfiah berarti “menahan diri”. Dalam bulan ini ada sangat banyak keistimewaan yang tidak akan ter-cover dalam satu postingan ini. Namun kali ini, kita akan memfokuskan pada sunnah-sunnah yang dianjurkan pada orang yang berpuasa.

1Bersahur

Sumber: wartakota.tribunnews.com/

Disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk sahur, sebagaimana yang telah ada dalam hadits Anas bin Malik radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: “Sahurlah kamu, karena didalam sahur ada barakah.” HR. Bukhari, 1923 dan Muslim, 1095.

2Mengakhirkan Sahur

Sumber: cdn2.tstatic.net

Diriwayatkan oleh Bukhari dari Anas dari Zaid bin Tsabit radhiallahu’anhum berkata: “Kami sahur bersama Nabi ﷺ kemudian berdiri untuk menunaikan shalat. Saya berkata: “Berapa (jarak) antara azan dan sahur? Baliau berkata: “Sekitar lima puluh ayat.” HR. Bukhari, 1921.

3Menyegerakan Berbuka

(AP Photo/Hadi Mizban)

Berdasarkan sabda Nabi ﷺ: “Orang-orang senantiasa dalam kebaikan selagi mensegerakan berbuka.” HR. Bukhari, 1957 dan Muslim, 1098.

4Berbuka dengan Kurma

Sumber: cloudfront.net

Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi ﷺ biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air. HR. Abu Dawud, 2356, Tirmizi, 696.

5Berdoa Saat Berbuka

Sumber: dpcpks-bojonggede.com

Disunnahkan ketika berbuka mengucapkan doa seperti yang ada di dalam hadist.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
“Telah hilang rasa haus, dan terbasahi tenggorokan serta pahalanya tetap insyaAllah.” HR. Abu Dawud, 2357.

6Menahan Diri

Sumber: www.arrisalah.net

Ketika seseorang menghina atau mengolok-olok, kita dianjurkan untuk membalas kejelekan dengan kebaikan sembari mengatakan ‘saya sedang berpuasa’. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah رضي الله عنه  sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda: “Puasa adalah perisai, maka jangan berkata-kata kotor dan bertindak bodoh. Jika ada seseorang mendorong atau menghina, maka katakan ‘Saya sedang puasa’ dua kali. Dan demi jiwaku yang berada ditanganNYa. Sesungguhnya bau mulut orang berpuasa lebih harum disisi Allah dibandingkan wewangian. HR. Bukhori, 1894 dan Muslim, 1151.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here