cloudfront.net

Di dalam budaya beberapa agama, tasbih merupakan aksesoris yang cukup penting sebagai sarana berdoa kepada yang maha kuasa. Di dalam anime pun begitu, tasbih sering kali dipakai untuk hal-hal yang berbau supernatural dan magis. Seperti kalung tasbih yang ada di leher Inuyasha.

Para penggemar anime lawas, pasti tidak asing dengan siluman setengah manusia bernama InuYasha. Siluman berambut perak dan bertelinga anjing ini sempat menjadi husbu para cewek di zamannya. Dia juga dikenal sebagai pendekar pedang yang tangguh, tentu saja dengan pedang andalannya Tessaiga. Akan tetapi, sebenarnya ada hal lain yang juga identik dengan Inusyasha, yaitu kalung doa atau kalung tasbih yang selalu berada dipakainya tanpa bisa dilepas.

Apa sebenarnya kalung tersebut? Mari ulas bersama.

1Asal Mula dan Tujuan Kalung Tasbih Inusyasha

wikia.nocookie.net

Kalung yang selalu dipakai Inuyasha disebut sebagai Kotodama no Nenju, atau bisa juga disebut sebagai Tasbih Penakhlukan. Kalung ini memang punya kekuatan khusus yang berhubungan dengan penakhlukan. Biasanya, kekuatan di kalung tasbih tersebut akan bekerja oleh sebuah kata-kata tertentu yang bisa membuat kalung menjadi bersinar dan membuat pemakainya berada di bawah kendali si pengucap mantra.

Asal dari Tasbih Penakhlukan sendiri sebenarnya diberikan oleh Kikyo pada Inuyasha dengan berbohong bahwa kalung itu adalah hadiah, tapi ternyata sebuah alat kendali untuk mengontrol Inuyasha. Bukannya Kikyo jahat, dia hanya tidak ingin membunuh Inusyasha sehingga cara tersebut lah yang dipakainya.

Awalnya, Kikyo ingin memakai kata itoshii atau ‘yang tercinta’ untuk mengendalikan Inuyasha, tapi sepertinya tidak pernah terealisasi. Kemudian setelah 500 tahun berlalu, setelah Inuyasha dibebaskan Kagome dari segelnya, dan Kagome bisa menggunakan mantra untuk mengendalikan kalung, Kagome malah memakai kata osuwari atau ‘duduk’ yang membuat Inuyasha benar-benar seperti anjing peliharaan. Mengejutkannya, kata-kata tersebut sangat berguna untuk mengendalikan Inusyasha yang gampang marah.

2Kekuatan dalam Tasbih Penakhlukan

gaiaonline.com

Tasbih penakhlukan tidak bisa dilepas oleh yang memakainya, tapi bisa dilepas oleh yang memakaikan, dan hanya bisa dipakai oleh satu orang. Sehingga tidak mungkin untuk melepaskan secara paksa tasbih tersebut. Inilah mengapa meskipun Inuyasha kuat, dia tetap tidak bisa membuang tasbih di lehernya.

Pada beberapa penggunaan, biasanya tasbih seperti ini dipakai untuk menyegel maupun menghancurkan sesuatu yang bersifat keiblisan. Sedangkan pada kasus Inuyasha, dipakai sebagai penyegel kekuatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here