Sumber: pricesinkenya.com

Berbelanja online menjadi solusi tepat untuk kamu yang tidak suka menghabiskan waktu di luar. Kamu bisa menghemat waktu hanya dengan memilih barang yang disukai melalui layar smartphone. Transaksi pun jauh lebih mudah. Hanya dengan kartu kredit, debit atau transfer, maka bereslah kegiatan berbelanja.

Meski online shopping sudah menjadi bagian dari masyarakat kini. Namun ada saja pembeli yang komplain. Mulai dari penipuan hingga barang yang datang tidak sama dengan yang ditunjukkan dalam foto.

Lalu bagaimana sih agar terhindar dari hal-hal yang membuat tidak nyaman saat berbelanja online tersebut?

1Pilih brand terpercaya dan situs belanja resmi

Sumber: ngeopihideung.blogspot.com

Pembeli percaya bila bahan dari brand ternama pasti berkualitas. Kamu juga merasa yakin dengan harga mahal terpampang dikarenakan merk tersebut sudah mendunia. Namun berhati-hatilah dengan hal demikian.

Sebab penjual online terkadang menyertakan merk terkenal untuk menarik minat pembeli. Kemudian mereka membanderol dengan harga tinggi. Tapi saat datang semuanya justru tak sesuai.

Untuk terhindari dari penipuan ini, sebaiknya datangi situs belanja online resmi yang memang sudah terdaftar. Dan tidak ada salahnya untuk membandingkan harga dengan situs belanja lainnya.

2Pembayaran dengan kartu kredit atau paypal

Sumber: mykartukredit.com

Pengguna kartu kredit akan diberikan perlindungan tambahan. Keuntungan utama credit card  adalah tidak terkait dengan dana apa pun yang kamu miliki. Selain itu juga memiliki jumlah batasan. Sehingga lebih aman digunakan saat berbelanja online.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan paypal. Pembayaran secara online ini bahkan tidak menyertakan data pengguna bank apa pun. Jadi, akun dan pembayaranmu tidak mudah disalah gunakan.

3Perhatikan HTTPS pada situs belanja

Sumber: www.slideshare.net

HTTPS dikembangkan oleh Netscape yakni protokol keamanan online yang mengenkripsi informasi sehingga data disimpan dengan baik serta terlindungi. Biasanya tulisan ini didahului dengan tanda gembok.

Jika tidak ingin semua datamu tersebar dan disalahgunakan maka sebaiknya teliti terlebih dahulu alamat web dari online shop, ya.

4Waspada dengan penawaran menggiurkan

Sumber: www.designers-revolution.com

Di hari-hari spesial, seperti hari raya, natal hingga momen Ramadhan banyak penawaran menarik dari online shop. Beberapa bahkan menawarkan potongan harga besar untuk barang yang dideskripsikan bagus.

Namun waspadalah dengan hal tersebut. Bermainlah dengan logika, sebab barang dengan kualitas bagus tidak akan disiskon besra-besaran. Justru hal tersebut dimanfaatkan oleh online shop bodong untuk melakukan penipuan.

Jadi sebelum melakukan belanja online, sebaiknya perhatikan hal-hal di atas agar online shopping lebih aman dan nyaman. (ind/flk)

Source: We live security

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here