Sumber: style.tribunnews.com

Bersamaan dengan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia, Sang Saka Merah Putih dikibarkan sebagai simbol bila tanah air telah merdeka dari segalanya. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke mengibarkan Bendera setinggi-tingginya untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur.

Tim Pasukan Pengibar Bendera dikerahkan untuk mengibarkan Sang Saka. Aksi mereka selalu dinanti setiap tahunnya oleh para tamu di Istana Negara. Terdiri dari para siswa terpilih dari seluruh Indonesia, PASKIBRAKA adalah pasukan khusus yang bertugas membawa Merah Putih hingga ke ujung tiang tertinggi.

1Dibagi jadi dua kelompok

Sumber: www.tribunnews.com

Enam puluh delapan orang terpilih dari 34 provinsi dibagi menjadi dua kelompok, yakni Grup Nusa dan Bangsa. Nusa bertugas saat pengibaran bendera pada pukul 10.00 WIB. Sementara Bangsa pada upacara penurunan pukul 17.00 WIB.

Dari puluhan nama tersebut, salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah sang pembawa baki, yakni Tarrisa Maharani Dewi. Selain manis, ia juga memiliki segudang prestasi di sekolah, lho.

2Dari Jawa Barat

Sumber: nasional.kompas.com

Tarrisa diketahui adalah seorang siswa kelas X dari SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung. Dara cantik ini mewakili Provinsi Jawa Barat dalam Tim Pengibaran Merah Putih tahun ini. Meski berada di barisan paling depan dan punya tinggi badan yang cukup menonjol, Tarissa merupakan cewek kelahiran 10 Juli 2002, guys.

3Tarrisa terpilih beberapa jam sebelum upacara

Sumber: www.tribunnews.com

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, nama pembawa baki yang berisi Sang Saka Merah Putih baru diumumkan beberapa jam sebelum upacara dimulai. Namun menurut penuturan Suyitno, bila setiap siswa diberi pelatihan yang sama.

Gadis tersebut terpilih karena memiliki kemampuan dan prestasi. Sehingga ia layak menjadi pembawa baki. Kendati demikian, Suyitno menambahkan bila setiap mereka mendapatkan peluang yang sama.

4Formasi pengibar bendera

Sumber: www.nusanews.id

Dalam menjalankan tugasnya, PASKIBRAKA Nasional dibagi menjadi tiga formasi, yakni pasukan 17, 8 dan 45. Filosofi dari angka tersebut diambil dari tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia.

Selamat Tarrisa telah berhasil mengantarkan Merah Putih ke ujung tiang tertinggi di Indonesia! (ind/flk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here