Sumber: www.kanal247.com

Baru-baru ini sebuah program televisi kembali menuai kontroversi. Sontak adegan dalam tayangan tersebut viral di dunia maya dan menjadi trending di Youtube. Warganet beramai-ramai mengutuk tindakan tersebut dan meminta KPI untuk bertindak tegas. Tapi, ada apa sih yang sebenarnya terjadi?

1Bermula dari ruang audisi

Sumber: kaltim.tribunnews.com

Kontes Dangdut Indonesia (KDI) kembali digelar tahun ini. Ajang pencarian bakat dangdut itu masih berada di tahap audisi. Sementara salah seorang bernama Sofia Waode dari Makassar memasuki ruang audisi dan berpenampilan biasa-biasa saja. Bahkan ia hanya menggunakan baju berkerah serta tanpa makeup sama sekali. Penampilannya cenderung lusuh dan sebagaimana layaknya para peserta kontes yang masih belum dipoles.

2Mendadak dapat kritikan tak menyenangkan

Sumber: instagram.com/@lambenyinyir

Dalam video berdurasi singkat itu, para dewan juri KDI seperti Iis Dahlia, Beniqno dan Tri Utami mendadak mengkritik penampilan gadis tersebut. Mereka mengatakan bila penamilan Waode Sofia tidak seperti peserta audisi lainnya yang rapi, dan ber-makeup. Bahkan dewan juri tak segan untuk meminta dia untuk keluar dan menata diri terlebih dahulu.

3Amarah netizen

Sumber: instagram.com/@lambe_turah

Melihat adanya adegan tak menyenangkan itu, netizen Indonesia merasa marah. Mereka menilai tindak tersebut termasuk tindakan pem-bully-an. Sejumlah public figur tanah air juga mengkritik program tersebut melalui akun media sosial masing-masing. Sontak hal ini juga menjadi perbincangan hangat selama beberapa hari di media sosial dan trending di situs video sharing.

4Dapat perhatian dari KPAI

Sumber: tribunnews.com

Sebagai program yang ditonton oleh jutaan orang di seluruh Indonesia, KPI dan KPAI akhirnya buka suara. Terlebih, Susanto selaku ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia melihat audisi tersebut sudah masuk dalam pelanggaran. Pihaknya berharap KPI bisa menindak lanjuti dan bertindak tegas.

Audisi KDI dinilai oleh KPAI sebagai tindak bullying dan bisa berdampak pada anak-anak dalam keseharian. Itulah sebabnya, dunia hiburan yang mengandung unsur merendahkan, memojokkan nggak bisa ditoleransi.

Kontes Dangdut Indonesia kini tengah menjadi sorotan utama. Nggak lain adalah karena tindakan gimmick yang mereka lakukan. Oleh sebab itu, sebab audience kita juga harus pilih-pilih tayangan mana yang sesuai dan tidak. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here