Nyi Roro Kidul juga sering disebut Nyai Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul, adalah dewi legendaris Indonesia yang sangat populer, terutama di kalangan masyarakat yang mendiami Pulau Jawa dan Bali.

Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun menurut beberapa sumber sebenarnya keduanya adalah tokoh yang berbeda.

Mitologi Jawa mengungkapkan bahwa Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain.

Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir sang ayah karena ulah ibu tirinya. Dalam perkembangannya mitologi ini, masyarakat cenderung menyamakan antara Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul. Padahal dalam ajaran kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

 

Nyai Loro Kidul disebut sebagai Ratu Lelembut tanah Jawa. Sosok ini digambarkan sebagai wanita cantik sebagaimana wanita tercantik dari keturunan Jawa-Sunda. Gambaran populer wujud dari sosok Nyai Roro Kidul digambarkan mengenakan pakaian berwarna hijau. Dan perihal warna hijau, banyak mitos berkembang bahwa jika berada di kawasan Laut Selatan, tidak diperkenankan mengenakan pakaian berwarna hijau. Karena seringkali dikaitkan dengan menghilangnya pengunjung laut secara gaib.

 

Sosok Nyai Roro Kidul dipercaya seringkali menampakkan wujudnya. Ada beberapa tempat khusus yang menjadi gerbang kemunculan sosok mistis ini. Berikut mimin sajikan deretan tempat-tempat mistis yang menjadi gerbang kemunculan Ratu Dedemit penguasa Laut Selatan.

 

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
detik.com

Pantai paling populer di Yogyakarta ini memang punya sejarah panjang dengan kehadiran Nyi Roro Kidul. Pengunjung dilarang memakai pakaian hijau karena khawatir akan menghilang diambil Nyi Roro Kidul. Selain itu, untuk menghormati Nyi Roro Kidul, masyarakat biasanya mengadakan persembahan dengan melarung sesajen ke laut di pantai ini.

Hotel Inna Samudra  Kamar 308

Hotel Inna Samudra Kamar 308
detik.com

Di hotel Inna Samudra yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat, ada satu kamar yang khusus dipersembahkan untuk Nyi Roro Kidul, yaitu kamar nomer 308. Kamar ini dipenuhi dengan aroma dupa, dan juga diberi sesajen. Nuansanya pun dibuat serba hijau untuk menyenangkan sang ratu. Biasanya, beberapa pengunjung datang ke sini untuk bersemedi. Mereka datang dengan sesajen dan kadang memberi uang sekadarnya.

 

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta
ibnuasmara.com

Keraton Surakarta atau yang dulunya bernama Keraton Kartasura, Solo, Jawa Tengah, juga menjadi tempat yang dipercaya disukai Nyi Roro Kidul. Ada sebuah tempat di keraton ini yang bernama Panggung Sangga Buwana, yang mana dipercaya sebagai lokasi bertemunya Sultan Surakarta dengan Nyi Roro Kidul. Tidak heran jika tempat ini disakralkan.

 

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
okezone.com

Keraton Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat yang disukai Nyi Roro Kidul, terutama di Sumur Gumuling yang dipercaya sebagai tempat bertemunya sang Nyai dengan Sri Sultan. Selain itu, setiap sekali setahun juga diadakan Tari Bedoyo Ketawang dengan jumlah penari sembilan orang. Tarian tersebut juga dimitoskan bahwa akan ada penari ke 10 yang akan terlihat sangat berbeda dengan manusia biasa, karena penari nomer 10 tersebut memang bukan manusia, melainkan Nyi Roro Kidul.

 

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Pantai Loji  Sukabumi

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Pantai Loji Sukabumi
indonesiakaya.com

Di pantai Loji, tepatnya di Desa Cibutun Citaringgul dan Desa Kertajaya Loji, Sukabumi, Jawa Barat, ada sebuah vihara Dewi Kwan Im yang juga dianggap berkaitan erat dengan Nyi Roro Kidul. Vihara yang dibangun oleh Anothai Kamonwathin asal Thailand ini juga merupakan tempat ibadah yang paling lengkap, karena di sana dapat digunakan untuk menyembah Dewa-Dewi Bumi..

Demikianlah, tempat-tempat khusus yang seringkali disinggahi Nyi Roro Kidul yang mimin himpun dari berbagai sumber. Sampai ketemu di Fakta Mistis selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here