Sumber: kearsleyeclipse.com

Para ilmuwan sepakat bila bumi berbentuk bulat oval. Bahkan teori tersebut telah disetujui oleh seluruh dunia dan diyakini oleh jutaan orang. Bukan tanpa alasan, sebab sebelumnya para peneliti telah melakukan sejumlah eksperimen terkait bumi bulat.

Sejumlah satelit dan pesawat luar angkasa pun telah membuktikan melalui foto dan video bila planet kita berbentuk bulat oval. Namun beberapa orang yang terbentuk dalam komunitas meyakini bila bumi berbentuk datar. Mereka lah yang kemudian disebut dengan kaum flat earth. Bagaimana kisah dan sejarahnya? Simak ulasannya berikut ini!

1Pencetus teori bumi datar

Sumber: geek.com

Teori bumi datar pertama kali dicetuskan oleh seorang pria Inggris bernama Samuel Rowbotham. Sebenarnya kepercayaan ini sudah ada sejak zaman kosmologi kuno atau sekitar abad keempat sebelum masehi.

Dalam buku Earth Not a Globe, Rowbotham mengemukakan bila bumi berbentuk cakram datar. Pusatnya di Kutub Utara dan dikelilingi oleh Antartika. Sedangkan matahari dan bumi berada di atas planet kita dan hanya berjarak sekitar 4800 km.

2Berdasarkan percobaan

Sumber: orthodoxy.cafe

Rowbotham pernah melakukan percobaan untuk membuktikan bila bumi berbentuk datar. Ia melihat kapal yang memiliki tinggi 5 kaki dengan teleskop pada ketinggian 8 inch. Saat kapal tersebut melewati jarak 9.7 km, ternyata masih bisa dilihat dengan jelas.

Sementara menurut Samuel Rowbotham, logikanya jika bumi berbentuk bulat, kapal sudah tak terlihat saat melewati jarak tersebut.

3Mendirikan komunitas bumi datar

Sumber: puzzledcat.blogspot.com

Usai membuktikan bumi datar, akhirnya Rowbotham mendirikan Zetetic Society di Inggris dan New York. Ia menerbitkan Zetetic Astronomy lebih dari seribu eksemplar Zetetic Astronomy.

Usai sepeninggalannya, Lady Elizabeth Blount membangkitkan kembali komunitas dengan mendirikan Universal Zetetic Society. The Earth Not a Globe Review kembali diterbitkan. Beberapa jurnal, seperti Earth: Monthly Magazine of Sense and Science dipublikasikan pada tahun 1901-1904.

Namun keterlibatan Lady Elizebth dengan penipuan membuat komunitasnya perlahan redup usai Perang Dunia II.

4Flat Earth Society Bangkit

Sumber: www.gettyimages.com

Flat Earth Society bangkit kembali apda tahun 50-an di bawah kepemimpinan Samuel Shenton. Saat satelit buatan pertama diluncurkan dan memotret bentuk bumi yang ternyata bulat, ia bahkan tetap pada pendiriannya.

Namun kemudian Shenton meninggal dunia dan diteruskan oleh Charles K. Johnson. Ia memiliki koleksi perpustakaan penduhulunya dan diangkat menjadi presiden dari International Flat Earth Research Society of Ameriza and Covenant People’s Church di California. Di masa kepemimpinannya, komunitas tersebut mengalami puncak kejayaan hingga kemunduran pada tahun 90-an dikarenakan kebakaran terjadi di kediamannya dan memusnahkan seluruh dokumen.

5Flat Earth Society Masa Kini

Sumber: kvmagruder.net

Lama tak terdengar namanya, akhirnya Daniel Shenton kembali membangkitkan komunitas Flat Earth Society. Anggota awalnya hanya terdiri dari 60 orang. Namun kini terus berkembang dan mereka terus melakukan eksperimen dengan teknologi canggih untuk membuktikan bila bumi datar.

Masih menjadi teori konspirasi, kalau kamu sendiri meyakini bumi datar atau bulat? (ind/flk)

Source: www.konspirasi.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here