Sumber: www.rakyatbersatu.id

Indonesia sempat berderbar saat tendangan pinalti yang dilakukan oleh Thailand. Namun berkat kepiawan seorang pemuda penjaga gawang, si kulit bundar berhasil dihalau dan Gajah Putih gagal menorehkan gol.

Ernando Ari Sutaryadi, kiper Timnas U-16 satu ini jadi sorotan karena kepiawannya menahan arah bola yang digiring oleh lawan. Kendati masih muda, namun penjaga gawang berprestasi ini punya segudang fakta lho. Apa saja?

1Berusia muda

Sumber: sampit.prokal.co

Cowok yang biasa disapa Nando ini ternyata punya tanggal lahir yang unik banget, guys. Ia adalah pemuda kelahiran Semarang, 2 Februari 2002. Nah, awaktu dia baru lahir ini, Piala AFF U-16 baru digelar untuk pertama kalinya.

2Kiper jenius

Sumber: bolatimes.com

Dua gol yang nyaris dilayangkan oleh Thailand berhasil ia tepis. Ia berkali-kali menolak si kulit bundar masuk ke gawang Tim Garuda. Ia tercatat dalah sejarah Timnas sebagai kiper jenius yang sukses mematahkan usaha lawan.

3Berawal dari pemain tambahan

Sumber: today.line.me

Sebelum menjadi kiper di U-16, Nando diketahui adalah seorang pemain tambahan. Ia dipanggil setelah Timnas U-16 Indonesia jadi juara turnamen Tien Phong Plastic Cup 2007 di Vietnam. Kendari baru bergabung, namun ia berhasil menunjukkan skill di lapangan hijau.

4Dapat banyak dukungan

Sumber: foto.tempo.co

Keberhasilannya dalam Piala AFF U-16 tentu bukan tanpa dukungan. Nando mengungkapkan bila ia sangat berterima kasih kepada orang tua, supporter yang antusias. Untuk itu, ia merasa bangga dan bersyukur dengan pencapaiannya di usia muda ini.

5Belajar membaca arah bola

Sumber: www.idntimes.co

Sebagai pemain muda, Nando mengaku banyak belajar dari seniornya, terutama U-19. Ia berlatih bagaimana membaca dengan tepat arah bola yang akan ditendang oleh lawan. Ia banyak mengasah kemampuannya menangkap si kulit bundar saat tendangan pinali.

Pencapaian gemilang di usia muda ini merupakan awal yang baik untuk pemuda asal Semarang ini. Ia mengatakan kalau dirinya bakal terus berlatih untuk kejayaan Tim Garuda. (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here