Sumber: photo.sindonews.com

Indonesia masih merayakan kemenangan atas Thailand. Pertandingan Timnas U-16 melawan tim Gajah Putih di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (9/8/2018) berakhir pada kemenangan. Bukan tanpa perjuangan Tim Garuda mendapatkan keberhasilannya, berikut 8 fakta kilas balik pertandingan Piala AFF U-16!

1Stuck melawan Malaysia

Sumber: www.bola.com

Melihat permainan Timnas U-16 melakukan penyerangan yang bagus dan tiada henti. Akhirnya, Timnas Malaysia menerapkan strategi serangan balik. Hal ini sempat membuat Garuda stuck dan pasrah.

Fakhri Husaini juga terkejut dengan strategi dan taktit yang dilakukan oleh Malaysia. David Maulana CS nggak henti-hentinya melakukan penyerangan. Hal tersebut dianggap oleh Raja Azlan sebagai permainan seimbang karena keduanya mampu bertahan.

2Peranan sayap

Sumber: www.tribunnews.com

Bertanding melawan Malaysia bukanlah hal yang mudah. Fakhri Husaini mengungkapkan bila negara tetangga tersebut sepakat untuk bertahan, sehingga tim Garuda nggak dibiarkan masuk, baik dari sisi kanan maupun kiri.

Mochammad Supriadi dan Yudha Febrian di sisi kiri. Sementara Fajar Fathur dan Bagas Kaffa ada di bagian kanan. Mereka mencoba untuk masuk ke pertahanan Malaysia. Namun keduanya sama-sama nggak mendapatkan skor atas itu.

3Sulit taklukkan

Sumber: bola.kompas.com

Pemain tengah Timnas Malaysia U-16, Muhammad Fahmi Daniel Mohd Zaaim harus keluar karena wasit memberinya kartu merah saat pertandingan terakhir fase grup B melawan Laos. Untuk itulah Tim Garuda memiliki peluang besar untuk menembus pertahanan.

Andre Oktaviansyah, David, Maulana sampai Brylian Dwiki Aldama ditugaskan untuk membobol pertahanan. Namun tim lawan nggak mudah ditembus. Bahkan David Maulana CS sulit taklukkan kota pinalti lawan.

4Pergantian pemain di babak kedua

Sumber: soccer.sindonews.com

Memasuki babak kedua, Sutan Zico bermain menggantikan sayap kanan, Fajar Fathur. Kemudian Bagus Kahfi menggantikan posisi Fajar. Di menit ke 60 Andre Oktaviansyah digantikan oleh Hamsa Medari Lestaluhu.

Sayap kanan didominasi oleh Bagus-Bagas. Pergantian pemain berkali-kali di babak kedua ini membuat pertandingan Timnas U-16 makin bervariasi. Sutan Zico bermain atraktif. Sedangkan Hamsa Medari Lestahulu bersama David Maulana mengatur serangan.

5Adu pinalti berakhir goal

Sumber: sport.detik.com

Pelanggaran yang dilakukan oleh Abdul Alim Al Amri Ali dari Timnas Malaysia terhadap Mochammad Supriadi membuat Tim Garuda berkesempatan untuk adu pinalti. Bagus Kahfi berhasil mengecoh kiper dengan memasukkan bola ke arah kiri penjaga gawang.

6Cerita haru Brylian

Sumber: www.goal.com

Di balik kemenangan Timnas U-16, ada kisah mengharukan dari Brylian. Pemuda asal Surabaya ini ingat akan ibunya yang telah meninggal dunia. Ia mengungkapkan bila setiap langkah yang ia ambil termasuk menjadi pemain bola berkat dukungan dari sang ibunda. Pasalnya, mendiang selalu menunggu pemain Timnas U-16 ini di pinggir lapangan saat berlatih.

7Lagu bernada hinaan untuk Malaysia

Sumber: tribunnews.com

Hubungan Indonesia dan Malaysia emang penuh emang kerap dingin. Sebelum semifinal Piala AFF U-16, diketahui dari Instagram pribadi salah satu supporter Malaysia membalik bendera Indonesia. Inilah kemudian yang membuat saat pertandingan berlangsung, salah satu supporter tanah air berteriak, “Malaysia an***g.”

Sang pelatih, Raja Azlan mendengar hal tersebut. Namun ia meminta para pemain untuk tetap semangat dan nggak menghiraukan olokan tersebut.

Pertandingan antara Indonesia dan Malaysia ditunggu-tunggu oleh para supporter kedua negara. Pendukung tanah air bahkan sampai rela menginap di luar Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Meski loket tiket dibuka pukul 09.00 WIB, namun mereka sudah mengantre sejak pukul 00.00 WIB. Salut banget dengan kesetiaan para supporter.

Perjuangan Timnas U-16 nggak sia-sia. Dengan usaha ekstra dan doa, akhirnya kemenangan ada di pihak Tim Garuda. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here