Sumber : tribunnews.com

Internet adalah penemuan yang sangat besar yang mengubah sejarah dan gaya hidup manusia. Sangat banyak informasi yang dapat diambil melalui internet. Selain itu, jejaring sosial dan juga aplikasi chating juga menggunakan internet untuk mengoperasikannya. Banyak juga data pribadi yang tersimpan di internet dalam bentuk akun email, akun media sosial, dan sebagainya. Hal ini akhirnya banyak dimanfaatkan oleh para pishers dan scammers untuk mencuri data kita. Nah, bagaimana caranya agar tetap aman saat menggunakan internet? berikut beberapa tipsnya.

7Menggunakan Antivirus

gambar antivirus
Sumber : Lifewire.com

Jika komputer kita belum ada antivirus, maka segeralah menginstallnya. Saat browsing di dunia maya, banyak malware dan virus bertebaran. Jika kita salah klik link tidak dikenal , maka virus akan dengan mudah merusak komputer kita.

6Menggunakan Browser Terpercaya

macam browser
Sumber : fossbytes.com

Gunakanlah browser yang aman dan bagus untuk komputer kita. Jangan pakai browser yang aneh dan tidak dikenal. Lebih baik gunakan yang sudah terkenal dan diunduh di websitenya langsung. Misalnya google chrome atau mozila firefox.

5Jangan Sembarangan Memasukkan Password

Sumber : tribunnews.com

Saat membuka website tidak dikenal dan meminta memasukkan email dan pasword, jangan pernah melakukannya. Seringkali website aneh itu adalah pishing yang tujuannya ingin mencuri data email dan password kita.

4Jangan Klik Link Aneh Di Email

spammimng
Sumber : oispice.com

Saat membaca email, seringkali ada iklan atau spam masuk. Jika iklan tersebut disertai link, jangan klik link tersebut. Bisa jadi itu adalah adware yang nantinya akan menampilkan iklan terus-menerus yang mengganggu kita saat browsing.

3Jangan Klik Link Aneh di Media Sosial

phishing facebook pictures
Sumber : hackthissite.com

Di media sosial seperti facebook dan twitter seringkali ada berita atau penawaran yang menarik. Misalnya bagi-bagi hadiah atau pulsa. Saat melihat linknya dan di klik maka akan muncul halaman login facebook. Nah, jangan coba memasukkan data kita, karena web itu palsu dan mencoba mencuri data email dan password facebook kita.

2Abaikan Popup Iklan

phishing pop up
Sumber : phandroid.com

Saat browsing ke sebuah situs, seringkali juga tiba-tiba muncul jendela pop-up. Abaikan saja dan langsung tutup jendela pop-up ini. Biasanya hanya berisi iklan atau bahkan malware yang dapat merusak komputer kita.

Jangan Tergiur Spam Aneh

 phishing pop up
Sumber : malwaretips.co

Seringkali juga kita menerima e-mail dengan isi iklan yang sangat menggiurkan. Misalnya voucher belanja berhadiah jutaan rupiah. Atau promosi bagi-bagi hadiah secara gratis. Jangan percaya hal tersebut karena dipastikan hanya scam.

1Jangan Mendownload Dan Install Sembarangan

gambar adware
Sumber : threatpost.com

Seringkali kita ingin mencari software atau file game gratisan di internet. Nah, hal ini dimanfaatkan oleh para spammer untuk membuat virus iklan. Jadi saat mendownload, kita akan terkecoh file tersebut adalah yang kita inginkan dan menginstallnya. Padahal, ternyata itu adalah software untuk menampilkan iklan secara terus-menerus saat browsing. Hal ini akan sangat mengganggu sekali.

Itulah beberapa cara aman berselancar di internet. Silahkan bagikan informasi ini jika bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here