Sumber : www.liputan6.com

Nusantara memang memiliki beragam kekayaan alam. Di antaranya adalah kekayaan makhluk hidup yang beraneka ragam. Dari waktu ke waktu spesies hewan baru ditemukan di Indonesia. Dilansir dari www.kumparan.com, berikut ini adalah beberapa spesies hewan baru yang unik karena diberikan nama yang identik dengan tokoh terkenal Indonesia.

5Burung Iriana

Sumber : www.novataxa.blogspot.com

Di bulan Desember 2017, Jurnal Ilmiah Treuba mempublikasikan penemuan jenis burung yang baru. Burung ini berasal dari Kepulauan Rote di Nusa Tenggara Timur. Uniknya burung ini diberi nama istri presiden Jokowi, yaitu Ibu Iriana. Nama Ilmiah burung ini adalah Myzomela irianawidodoae. Tentu saja pemberian nam ini sudah memiliki izin.

4Cicak Ahok

Sumber : www.arah.com

Pada tahun 2017 lalu tepatnya pada tanggal 30 November, ditemukan spesies baru hewan dari jenis cicak. Uniknya nama ilmiah cicak tersebut adalah Cnemaspis Purnamai. Nama Purnamai diambil dari nama Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang merupakan mantan gubernur DKI Jakarta. Diberikan nama tersebut karena spesies ini ditemukan di Belitung yang merupakan kota kelahiran Ahok.

3Ular Lycydon Sidiki

Sumber : www.kumparan.com

Para peneliti dari LIPI menemukan sebuah spesies ular baru yang merupakan hasil riset dari tahun 2013-2016. Hewan ini diberi nama ilmiah yang diambil dari salah seorang peneliti LIPI bernama Irvan Sidiki. Ular ini ditemukan di Aceh tengah dan diberi nama Lycodon Sidiki.

2Ikan Schismatogobius Risdawatiae

SUmber : www.mongabay.com

Di samping beranekaragam hewan darat, spesies baru hewan di air juga ditemukan di Indonesia. Salah satunya adalah spesies ikan air tawar yang ditemukan di wilayah air terjun Lubuk Hitam, Padang. Ikan ini kemudian akhirnya diberi nama ilmiah Schismatogobius risdawatiae yang merupakan nama seorang dosen Biologi, Dra. Renny Risdawati, dosen biologi di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan PGRI Sumatera Barat.

1Tarsius Supriatnai

Sumber : www.kumparan.com

Hewan primata kecil nan imut ini mungkin agak asing di mata kita. Hewan merupakah hewan tarsius. Banyak jenis Tarsiur ini dan dua jenis yang baru beberapa waktu yang lalu ditemukan di Sulawesi. Nama ilmiahnya cukup unik, yaitu Tarsius Supriatnai yang diambil dari nama guru besar FMIPA Universitas Indonesia, Profesor Dr. Jatna Supriatna.

Nah itulah tadi beberapa spesies hewan yang baru ditemukan dan diberikan nama tokoh bahkan nama istri presiden. Semoga kekayaan alam hayati Indonesia tetap terjaga dan masih banyak lagi hewan yang dapat ditemukan jenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here