Sumber: www.inspiradata.com

Gempa kembali mengguncang Lombok pada Minggu (5/8/2018). Berkekuatan 7.0 skala richter (SR), gempa dilaporkan berada pada kedalaman 15 kilometer, yang mana tepat di 8.37 Lintang Selatan – 116.48 Bujur Timur. Artinya titik tersebut berpusat pada 18 kilometer sebelah barat laut Lombok Timur.

Gempa cukup besar membuat sejumlah wilayah yang berdekatan dengan NTB, seperti Bali dan Jawa bagian timur juga mengalami guncangan. Peristiwa ini juga mengakibatkan salah satu aktivitas Masjid di Bali jadi heboh di media sosial. Kenapa?

1Sholat Isya’ disiarkan langsung

Sumber: www.kompas.tv

Sudah jadi aktivitas rutin akun Facebook Musholla As-Syuhada Blk di Denpasar Bali menyiarkan secara langsung aktivitas masjid, seperti shalat. Seperti biasa, malam itu para jamaah dan imam bergegas menunaikan Shalat Isya’.

Sang imam juga memerintahkan makmum untuk merapatkan shaf. Dalam siaran live itu sholat Isya’ berlangsung dengan lancar seperti biasa. Namun ada yang aneh saat memasuki rakaat kedua.

2Gempa terasa

Sumber: www.tribunnews.com

Sebagai wilayah yang dekat dengan Nusa Tenggara Barat, Bali juga mengalami guncangan cukup kuat. Memasuki rakaat kedua, guncangan perlahan mulai terasa. Bahkan tubuh jamaah dan sang imam mulai bergoyang dan beberapa nyaris terjatuh.

Lambat laun guncangan makin besar, apalagi saat sang imam menyelesaikan surat Al-Fatihah. Beberapa jamaah mencoba untuk menyeimbangkan diri, namun justru mereka terlihat seperti akan jatuh.

3Jamaah mulai berlarian

Sumber: www.tribunnews.com

Goyangan semakin terlihat kencang. Dalam rekaman terlihat masjid tempat mereka beribadah juga mulau terguncang. Kemudian beberapa jamaah pun mulai berlarian dan hanya tersisa satu orang makmum dan imam kekeuh melanjutkan sholatnya.

4Imam melafadzkan Ayat Kursi

Sumber: www.radarbogor.id

Meski para jamaah sudah banyak yang keluar masjid. Namun imam terus melanjutkan shalatnya sembari berpegangan pada dinding di sebelah kirinya. Beberapa kali terdengar suara benda jatuh dan retakan.

Imam melafadzkan ayat Kursi dan mengulang kalimat pertamanya sebanyak tiga kali.

“Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya,” ucap sang imam. Bukannya ikut berlari, justru ia semakin khusyu’ sembari terisak.

5Jamaah kembali masuk ke shaf

Sumber: warta.sumedang.info

Beberapa jamaah yang tadinya berhamburan mulai terlihat masuk kembali ke dalam shaf. Mereka bersama-sama mendirikan Shalat Isya’ dengan tubuh yang terlihat sedikit terguncang. Di akhir video, ibadah pun kembali dilanjutkan meski guncangan masih terasa.

Hingga kini, video tersebut telah ditonton sebanyak 25 ribu lebih penonton dan dibagikan di berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram. Selama dua minggu ini, Lombok terus diguncang gempa. Meski peringatan tsunami sudah dinyatakan ditutup oleh BMKG namun sampai saat ini korban jiwa dilaporkan telah mencapai 89 orang. #Pray for Lombok! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here