Sumber: www.inovasee.com

Kejadian nggak menyenangkan terhadap hewan kembali terjadi. Kali ini datang dari satwa langka dari Batu Secret Zoo. Seorang pengunjung mengabadikan dalam Instagram Story tengah menyemburkan asap vape pada monyet. Dalam rekaman tersebut, hewan primata itu terlihat sesak napas.

Gimana sih cerita selengkapnya sampai video tersebut viral?

1Di unggah di akun Instagram

Sumber: phinemo.com

Berawal dari sebuah rekaman video berdurasi 14 detik dari akun @david.apec memperlihatkan seorang pengunjung menghisap vape pada Minggu sore, 29 Juli 2018. Setelah dihisap kemudian uap vape disemburkan tepat di depan wajah sang monnyet yang bergelantungan di kandang.

Monyet tersebut ketepatan membuka mulut, sehingga langsung sesak napas. Bukannya kasihan pada hewan primata itu, pengunjung tersebut justru tertawa bersama teman-temannya.

2Video disebarkan

Sumber: phinemo.com

Sontak video itu pun viral dan disebarkan ke beberapa akun, salah satunya @agnesiachristy. Unggahan tersebut ditonton banyak kali hingga akhirnya disebar luaskan oleh pengguna lainnya, sampai menjadi viral.

3Dibenarkan oleh pihak Jatim Park Group

Sumber: regional.kompas.com

Seperti dilansir dari Jawapos, pihak Jatim Park Group yang diwakili oleh Manager Marketing dan Public Relation, Titik S Ariyanto membenarkan peristiwa tersebut. Mereka menuntut pelaku untuk meminta maaf secara langsung, bukan dari media sosial.

4Jenis monyet

Sumber: www.joelsartore.com

Sebagaimana diketahui, pelaku yang ternyata bernama David itu menyemburkan asap vape pada monyet jenis Red Tailed Guenon asal Afrika. Hewan tersebut memiliki habitat di dataran rendah, hutan hujan, hutan akasia, pegunungan, dan rawa. Ada pun makanan sehari-harinya adalah daun-daunan, buah-buahan hingga hewan buruan.

Sementara itu kini hanya ditemukan sekitar 20 spesies guenon di Benua Afrika. Dalam habitat aslinya, mereka berkelompok sebanyak 7 hingga 35 ekor. Selama hidupnya, para pejantan berimigrasi dan Red Tailed berstatus konservasi rentan.

5Asap vape berpengaruh pada monyet

Sumber: www.skanaa.com

General Manager Jatim Park 2, Agus Mulyanto menegaskan bila perbuatan tercela itu nggak boleh dilakukan. Meskipun bersifat iseng, namun hal tersebut nggak sepatutnya dilakukan.

Usai insiden penyemburan vape, monyet tersebut diperiksa layaknya manusia. Agus menambahkan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui efek pada paru- paru dan jangka panjang.

6Perminta maafan pelaku

Sumber: beritacenter.com

Sebagai pelaku, David mengaku merupakan seorang pecinta hewan yakni anjing. Ia sudah meminta maaf melalui media sosial Instagram karena prilakunya yang kelewat batas. Ia mengatakan juga bahwa perbuata tersebut nggak terpuji.

“Membahayakan hewan tersebut. Saya menyesali dan minta maaf. Ini jadi pelajaran buat saya,” kata David seperti dikutip dari Liputan 6.

Sebaiknya sebelum melakukan hal yang nggak pantas dipikir dulu ya, guys. Apalagi hewan tersebut dilindungi dan dipelihara dengan baik. So stop being stupid! (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here