tstatic.net

Masyarakat umumnya membeli bahan makanan yang memang sering digunakan oleh orang kebanyakan. Sebab, pasti semua berpikir bahwa bahan makanan yang lazim, cenderung aman dan tidak beracun sama sekali untuk tubuh. Akan tetapi, rupanya hal itu tidak sepenuhnya benar.

Bahan makanan biasa ternyata ada juga yang mengandung racun sehingga harus diwaspadai dalam pengolahannya maupun konsumsinya. Contohnya adalah seperti beberapa bahan makanan berikut ini, yang sangat umum dan sering dikonsumsi. Apa sajakah itu? Ini daftarnya.

1Kentang

tstatic.net

Banyak orang yang suka kentang, tidak heran jika olahan kentang pun sangat beraneka ragam. Contohnya saja untuk sambal goreng kentang, bahan campuran donat, perkedel, keripik kentang, kentang goreng, kentang rebus dan masih banyak lagi. Bahkan bubur kentang pun ada.

Padahal, kentang ini ternyata bisa menghasilkan racun, lho. Tentu saja bukan pada semua kentang, tetapi hanya pada kentang yang sudah tercemar. Biasanya ditandai dengan kulinya yang berwarna hijau. Warna hijau tersebut ternyata berasal dari Solanine, zat yang tidak begitu berbahaya dalam jumlah kecil, tapi dapat menjadi racun jika berlebihan. Apalagi jika dikonsumsi terus menerus.

2Jamur

detik.net.id

Memang benar jika jamur memiliki banyak jenisnya, dan biasanya digolongkan menjadi jamur bercun dan tidak. Jamur beracun jelas tidak boleh dimakan, sedangkan yang tidak biasanya boleh untuk dikonsumsi.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa jamur yang biasanya bisa dikonsumsi ini ternyata dapat menghasilkan racun jika pengemasannya tidak tepat. Jamur yang rusak akan menghasilkan bakteri Botulinum. Bakteri ini biasa ditemukan di saluran pencernaan hewan, dan jika terkonsumsi akan menyebabkan kelumpuhan saraf. Si korban bisa saja menjadi lumpuh dan sulit bernapas.

3Singkong

pleisbilongtumi.files.wordpress.com

Singkong yang sudah diolah sangatlah aman untuk dikonsumsi. Namun, singkong mentah? Sebaiknya tidak coba-coba. Sebab, singkong mentah ternyata mengandung zat racun berbahaya yang disebut Lamarin. Zat ini bisa sama mematikan seperti Sianida, dan bahkan dulu pernah dipakai untuk membuat senjata kimia berbahaya.

4Mangga

detik.net.id

Semua orang suka mangga. Entah itu dalam keadaan masak atau masih mentah sekalipun. Akan tetapi, mangga ternyata bisa menghasilkan zat racun yang disebut Urushiol. Zat ini bisa memicu alergi, tapi memang sebagian besar orang cukup kebal pada zat ini sehingga tidak ada masalah ketika memakan mangga. Namun, beda ceritanya pada orang yang punya sensitifitas tinggi, dia bisa kena alergi dengan ditandai ruam dan bahkan kulit melepuh.

5Kacang Merah

mitalom.com

Kacang merah biasanya digunakan untuk campuran makanan manis maupun minuman. Tidak heran jika semua orang suka kacang yang satu ini. Namun, kacang merah ternyata mengandung Lectim yang bisa memicu keracunan bahkan kematian. Beruntungnya, Lectim bisa hilang jika dimasak. Terutama kalau kamu merendam kacang merah semalaman seblum akhirnya dimasak.

Tidak perlu takut untuk mengonsumsi semua bahan makanan di atas. Ulasan tesebut hanya sebagai pengetahuan umum, dan juga membuatmu lebih waspada pada apa saja yang kamu makan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here