Sumber : youtube Gus Aldi

Sepertinya hampir semua orang di dunia ini mempunyai hutang ya, entah itu hutang kepada sesama manusia ataupun hutang kepada Tuhan. Apalagi hutang kepada sesama manusia itu sangat wajib hukumnya karena jika hutang itu tidak segera dibayar apalagi Sampai kebawa mati, maka hutang  orang tersebut harus dilunasi oleh keluarganya.. kasihan bukan? kita yang ngutang tapi keluarga yang harus membayar.

6Tanda-tanda nggak mau bayar hutang

Sumber : maribantu.or.id

Banyak orang yang memang benar-benar tidak mau membayar hutang atau sengaja menghindari membayar hutang. banyak beberapa faktor, Mungkin memang dia benar-benar tidak punya uang, atau memang cuma niat minjam tapi nggak mau bayar.

5Wa cuman dibaca doang

Sumber : idntimes.com

Ketika orang tersebut ingin meminjam uang kepada kita lewat WA atau chatting. orang tersebut akan sangat cepat atau tanggap dalam membalas Wa misalnya basa-basi menanyakan kabar, kesibukkannya apa, aktivitasnya apa, dan lain sebagainya. Mereka sangat cepat sekali untuk membalasnya, mungkin kita belum ngetik untuk membalas aja, dia sudah sudah tahu apa yang akan kita jawab..hehehe…

namun berbeda dengan ketika kita menagih hutang orang tersebut, maka akan lambat sekali untuk dibalas bahkan sampai 24 jam mungkin lebih, dan bahkan hanya di read aja ,yang semacam ini banyak sekali terjadi.  Nah itu salah satu tandanya orang tersebut menghindari untuk membayar hutang. 

4Sengaja tak melihat

Sumber : memegenerator.net

Ketika kita papasan sama orang yang kita hutangi. seolah-olah orang tersebut tidak melihat kita, padahal kita benar-benar ada di depan mata dia.  nggak mungkin kan orang yang segede gitu wujudnya enggak kelihatan yang jelas-jelas di depan dia.Namun berbeda ketika dia hendak meminjam uang kepada kita.  masih jauh pun dia sudah panggil-panggil, entah itu menyapa cuman sekedar “say hello ” atau menanyakan kabar. Hal semacam ini pun banyak terjadi. mungkin salah satu dari dari anda yang mengalami seperti ini??  hehehe..

3Jalannya mutar

Sumber : memegenerator.net

Sudah banyak kejadian yang seperti ini, ketika mempunyai hutang dan jalan utama adalah melewati rumah yang menghutangi. Tak jarang orang yang mempunyai hutang akan mencari jalan alternatif lain supaya tidak melewati depan rumah orang tersebut. Alasannya bukan karena malu tapi karena memang menghindari membayar hutang dan satu lagi,enggak mau ditagih.!

2Salah sambung

Sumber : youtube.com

Ketika kita sudah berusaha untuk menagih hutangnya melalui WA atau chat lainnya, orang itu hanya membacanya saja tanpa membalasnya akhirnya kita memutuskan untuk menelepon nya. ketika kita telepon dan yang mengangkat adalah orang lain bukan yang bersangkutan, orang yang mengangkat telepon itu akan menjawab bahwa “nomor yang anda tuju salah sambung”. padahal sudah jelas-jelas nomor tersebut adalah nomor orang yang kita hutangi dan Gak mungkin salah sambung. Kejadian ini cukup banyak terjadi di masyarakat bahkan kadang yang menjawab telepon itu malah lebih galak dibandingkan yang menagih hutangnya. Memang zaman sekarang ini sudah terbalik yang punya hutang lebih galak dibandingkan yang memberi hutang.. Apa Anda juga salah satu orang yang seperti itu? jika iya, bertobatlah.

1Ganti nomor HP

Sumber : yukepo.com

Orang yang biasa suka menghutang di sana sini, biasanya sering gonta-ganti nomor HP. Alasannya ya karena dia memang tidak mau membayar,dan lebih tepatnya seperti penipuan. Kalau kita memberi hutang sama orang yang kita kenal atau dengan orang yang benar-benar kita tahu rumah serta keluarganya. mungkin nggak terlalu jadi masalah,namun berbeda kalau kita memberi hutang kepada orang yang hanya kita kenal tanpa benar-benar tahu keluarga dan tempat tinggal yang aslinya. Sudah pasti jika anda menelepon ke nomor tersebut dan tidak aktif maka orang tersebut memang benar-benar hanya ingin berhutang tanpa ingin membayar. 

Nah itu adalah beberapa tanda-tanda orang yang menghindari membayar hutang. Semoga kita tidak termasuk kedalam tanda-tanda tersebut, karena hutang itu wajib untuk dibayar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here