Sumber: kicknews.today

Aksi terorisme di Indonesia yang dilakukan oleh organisasi meningkat pesat. Mulai terjadi di awal 2000an melalui serangkaian aksi bom di beberapa kota besar di Indonesia, hingga menurun di tahun 2007. Kemudian jumlah tersebut dilansir dari Tempo.co kemali meningkat sejak dimulainya perang saudara di Suriah.

Jaringan teroris memperluas gerakannya hingga ke seluruh dunia termasuk nusantara dengan merekrut orang-orang dalam negeri, kemudian mendidiknya sebagai ‘pejuang’. Usai kerusuhan napiter dan anggota polisi di Mako Brimob, Depok pecah. Indonesia kembali dihebohkan dengan meledaknya bom di tiga gereja di Surabaya.

Tak berhenti di sana, serentetan aksi teror terus membayangi negeri di beberapa titik tempat. Sebagai negara yang memerangi terorisme, kamu harus tahu 10 organisasi teroris di dunia ini dan jangan pernah terpengaruh oleh mereka.

1ISIS

Sumber: www.israelink.co.za

Negara Islam Suriah dan Irak atau lebih dikenal dengan ISIS didirikan oleh Abu Bakr al-Baghdadi. Terbentuknya mereka justru dipandang sebagai penghinaan karena melibatkan kekerasan dalam aksinya. Mereka telah melakukan serangkaian tindak kejam dan brutal yang melanggar hukum Islam di seluruh dunia.

2Al-Qaeda

Sumber: www.wsj.com

Dibentuk pada tahun 1988 dan dipimpin oleh Osama Bin Laden, Al-Qaeda kini tak begitu terdengar suaranya. Sejak sang ketua ditewaskan pada tahun 2011 oleh US Navy Seals, organisasi ini dipimpin oleh Ayman al-Zawahiri di Mesir. ISIS sendiri merupakan bagian dari kelompok ini namun dikeluarkan karena terlalu brutal.

3Abbu Sayyaf Group

Sumber: rakyatsulsel.com

Jika organisasi berbasis agama Islam lain dibentuk di tanah Timur tengah. Lain halnya dengan Abu Sayyaf. Jaringan teroris tersebut berbasis di Filipina, tepatnya Kepulauan Jolo dan Basilan pada tahun 1991.

Abu Sayyaf disebut-sebut sebagai daftar grup teroris dari Amerika serikat dan bertanggung jawab atas aksi teror di kapal ferry Filipina pada tahun 2004. Saat itu kejadian tersebut menelan korban sebanyak 116 orang. Adapun tujuan utamanya adalah mendirikan negara Islam di selatan Filipina.

4Tehrik-e Taliban Pakistan

Sumber: en.dailypakistan.com.pk

Organisasi Taliban di Pakistan telah menjalin hubungan dengan kelompok radikal lainnya sejak tahun 2007. Seperti dilansir dari dw.com, grup ini memang merupakan afiliasi dari Al-Qaeda dan menentang pemerintahan Pakistan serta militernya. Sama halnya dengan yang lain, Taliban Pakistan menolak ideologi barat dan melakukan serangkaian aksi pembantaian.

5Tahrir al-Sham

Sumber: mobile.almasdarnews.com

Kelompok radikal ini awalnya bernama Front Al-Nusra. Namun sejak pertengahan tahun 2016, ia tak lagi bergabung dengan Al-Qaeda dan membentuk aliansi sendiri. Tahkrir al-Sham merupakan pemeran utama dari perang saudara yang terjadi di Suriah karena ingin menjatuhkan rezim Bashar al-Assad.

6Boko Haram

Sumber: guardian.ng

Didirikan pada tahun 2002, kelompok ini beroperasi di Negeria hingga ke Chad, Niger dan Kamerun. Kelompok radikal ini sudah membunuh sekitar 15.000 warga sipil kemudian menculik 267 gadis Chibok. Bertujuan menjatuhkan pemerintahan Nigeria, Boko Haram diketahui berafiliasi dengan ISIS.

Di manapun kamu berada tetap berdoa dan jangan mudah terpengaruh ya, guys. Lawan teroris dari Bumi Pertiwi! (ind/flk)

Source: dw.com, tempo.co

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here