Sumber: travel.tribunnews.com

Wisata Gili Lawa yang terleteak di area Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur hangus terbakar pada Rabu (1/8/2018). Kawasan ini merupakan tempat wisata indah dan hijau yang didatangi ratusan turis setiap harinya.

Menyuguhkan keindahan pulau, pegunungan kecil, hingga eksotisme laut, Gili Lawa jadi tempat wisata favorit yang gemanya hingga ke seluruh dunia. Namun sayangnya, kawasan tersebut terbakar hingga meluas dikarenakan angin kencang yang terjadi malam itu.

Meski berhasil dipadamkan pada dini hari, namun kawasan hijau ini berubah menjadi gersang seketika. Berikut kronologi terbakarnya Gili Lawa seperti dilansir dari Liputan 6.

106.15 WITA

Sumber: liputan6.com

Guide Lukas menginformasikan telah terjadi kebakaran hutan pada petugas TNK (Taman Nasional Komodo). Tim pun bergegas dan meluncur ke tempat kejadian. Penelusuran itu melibatkan petugas dari Res Loh Sebita dan Res Padar untuk melihat kondisi di TKP dan pemadaman.

210.00 WITA

Sumber: www.kumparan.com

Sebanyak 30 orang tim pemadam kebakaran dari TNK menuju Labuan Bajo. Sementara itu, Lukas sebagai informan diperintahkan untuk melaporkan para pengunjung terakhir yang turun dari bukit. Mereka juga ditahan sementara untuk dimintai keterangan.

300.00 WITA

Sumber: news.detik.com

Pemadam kebakaran tiba di TKP dan segera melakukan pemadaman terhadap api yang semakin membesar hingga hampir ke seluruh pulau. Di samping itu, empat petugas diperintahkan untuk menginterogasi empat orang wisatawan dan satu guide yang diduga menjadi penyebab dari kebakaran.

Akhirnya diketahui bila salah satu tour guide dan penumpang kapal Indonesia Juara merupakan pelaku terjadinya kebakaran. Mereka diminta untuk menyerahkan KTP, dan dokumen-dokumen kapal untuk pemeriksaan lebih lanjut.

403.15 WITA

Sumber: www.kumparan.com

Api berhasil dipadamkan seluruhnya namun menyisahkan pulau yang hangus dan nggak sehijau awalnya. Kendati demikian pemerikasaan masih tetap dilanjutkan guna menindak tegas pelaku yang telah merusak total kawasan Taman Nasional.

Saat berwisata utamakan untuk mengindahkan peraturan yang ada. Kelalaian termasuk ketidak pedulian terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, yuk sama-sama jaga alam Indonesia agar kejadian serupa nggak terulang lagi! (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here